Breaking News

Waspada! Presiden Jokowi Ingatkan Empat Krisis Sekaligus Ancam Dunia

Presiden Joko Widodo (Jokowi). Foto: Setpres

WELFARE.id-Kondisi perekonomian dunia sedang tidak baik-baik saja. Saat ini, dunia tengah diselimuti awan gelap. Dampak perang antara Rusia dan Ukraina membuat beberapa negara bahkan terancam triple krisis, yaitu pangan, energi, dan keuangan.

Tapi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan tidak cuma tiga krisis yang mengancam dunia saat ini, melainkan empat. Sebab ada satu lagi yang sejak tiga tahun terakhir belum sepenuhnya selesai, yaitu krisis kesehatan.

”Saat ini keadaan dunia memang sangat sulit dan bahkan lembaga internasional mengatakan tahun depan akan gelap signifikan. Ini kan sebuah keadaan, tantangan yang betul-betul tidak mudah," ungkap Jokowi, Kamis (18/8/2022). 

Apalagi, saat ini pandemi COVID-19 belum sepenuhnya selesai. Beberapa negara belakangan waktu bahkan kewalahan dengan kehadiran subvarian baru virus Corona yang tingkat penyebaran yang lebih cepat. Bahkan, virus Corona jenis baru membuat Tiongkok (China, Red) kewalahan. 

Karena Jokowi meminta kondisi itu menjadi kewaspadaan bagi banyak negara termasuk Indonesia. Walaupun bagi dari sisi penanganan COVID-19 maupun ekonomi sudah jauh lebih baik dibandingkan dengan sederet negara lainnya.

"Kita harus tetap optimistis, realistis, waspada, hati-hati itu penting,” tegas Jokowi. Untuk diketahui, kasus COVID-19 di dalam negeri cenderung terkendali sekalipun ada subvarian baru yakni Omicbro BA.4 dan BA.5. 

Sementara itu, dari sisi perekonomian pertumbuhan ekonomi Indonesia yang cukup tinggi terjadi pada kuartal II-2022 sebesar 5,44 persen. Pertumbuhan ekonomi itu ditopang oleh konsumsi rumah tangga dan ekspor serta investasi. (tim redaksi)


#presidenjokowi
#ancamankrisisdunia
#pertumbuhanekonomi
#krisispangan
#krisisenergi
#krisiskeuangan
#krisiskesehatan

Tidak ada komentar