Breaking News

Warga Dusun Baban Timur Diteror OTK, 7 Rumah dan Puluhan Kendaraan Habis Terbakar

Rumah warga di Dusun Baban Timur, Desa Mulyorejo, Kecamatan Silo, Jember, Jawa Timur dibakar Orang Tak Dikenal (OTK). Foto: Istimewa/ Dok.Warga

WELFARE.id-Warga Dusun Baban Timur, Desa Mulyorejo, Kecamatan Silo, Jember, Jawa Timur trauma. Mereka sempat kabur ke luar kampung untuk bersembunyi, usai rumah mereka dibakar Orang Tak Dikenal (OTK). 

Teror tersebut terjadi Kamis (4/7/8/2022) malam. Akibat penyerangan tersebut, dua rumah warga habis dibakar.

Sementara itu, polisi telah mengamankan tiga orang, salah satunya terduga pelaku penyerangan. "Betul, telah terjadi aksi pembakaran dua rumah lagi," jelas Kapolsek Silo AKP Suhartanto kepada wartawan, dikutip Sabtu (6/8/2022).

Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam penyerangan tersebut. "Alhamdulillah tidak ada korban, karena kebetulan penghuninya tidak ada," katanya.

Posisi rumah, lanjut Tanto, juga sangat jauh. Yakni dekat perbatasan Kecamatan Kalibaru yang sudah masuk Kabupaten Banyuwangi. 

"Posisi rumah sangat jauh. Malah lebih dekat dengan wilayah Kalibaru," ujarnya. Hingga saat ini, kata Tanto, rumah yang dirusak dan dibakar dalam aksi yang dilakukan orang tak dikenal (OTK) sebanyak 7 rumah. 

"Total rumah yang dibakar sampai saat ini sudah tujuh. Kalau untuk motor yang dirusak dan dibakar, terhitung puluhan. Sama mobil juga. Totalnya berapa, nanti saya masih pastikan datanya," terangnya.

Dengan situasi yang dinilai masih mencekam, lanjutnya, upaya pengamanan dan patroli keliling masih dilakukan oleh aparat keamanan. Aparat keamanan juga terus menyiagakan pasukan di lokasi.

"Untuk saat ini, upaya pengamanan masih terus kami lakukan, termasuk patroli. Juga upaya penyelidikan pelaku yang melakukan aksi ini. Untuk pengamanan kami kerahkan 1 peleton pasukan dari Polres Jember. Juga ditambah gabungan TNI dan Satpol PP, termasuk masyarakat," paparnya.

Dari kejadian ini, polisi telah mengamankan 3 orang terkait penyerangan Dusun Baban Timur, Desa Mulyorejo, Kecamatan Silo, Jember. Saat ini mereka masih berstatus sebagai saksi.

"Dari proses penyelidikan kami, sementara ini ada 3 orang yang kami amankan," jelas Kanit Pidum Sat Reskrim Polres Jember Ipda Bagus Dwi Setiawan, melansir detik.com.

Kendati masih berstatus saksi, sambung Bagus, salah satu dari tiga orang itu diduga kuat terlibat penyerangan. Sampai saat ini polisi masih terus menggali keterangannya. 

"Memang ada satu yang mengarah pada pelaku," akunya. Diberitakan sebelumnya, sekelompok OTK tiba-tiba menyerang Dusun Tetelan Darungan, Desa Mulyorejo, Kecamatan Silo, Jember. 

Mereka membakar rumah dan kendaraan. Peristiwa itu terjadi sejak Sabtu (30/7/2022) lalu. Sementara itu, Bupati Jember Hendy Siswanto pun angkat bicara terkait penyerangan itu. 

Dia berharap peristiwa tersebut bisa terselesaikan dengan baik dan cepat. Ia berharap, akar permasalahan tersebut segera didata dengan cepat dan tepat. 

"Sehingga bisa diketahui ini sebenarnya apa yang terjadi. Yang jelas ini kan masalah sekelompok orang yang tidak dikenal dan ini cukup membuat resah masyarakat," imbuhnya. (tim redaksi)

#pembakaranrumaholehotk
#orangtakdikenal
#dusunbabantimurjember
#jawatimur
#penyeranganrumahwarga
#pembakaranrumahwarga

Tidak ada komentar