Breaking News

Viral, Ibu-Ibu Naik Mercy Ngutil Cokelat, Malah Tuntut ITE ke Karyawan Alfamart

Tangkapan layar 

WELFARE.id-Sebuah video yang memperlihatkan aksi pencurian cokelat oleh seorang ibu-ibu di minimarket Alfamart viral di media sosial. 

Dalam video yang beredar, terlihat seorang ibu-ibu yang menaiki mobil Mercy tengah dicegat oleh beberapa karyawan Alfamart. Mereka meminta agar wanita tersebut menunjukkan cokelat yang telah diambilnya tanpa membayar di Alfamart. "Itu bu, iya coba saya lihat dulu mana," ucap salah seorang karyawan," dikutip Senin (15/8/2022). 

"Ini ada, saya ambil," ujar ibu-ibu tersebut sambil menyerahkan beberapa cokelat kemasan. 

Setelah itu, si ibu-ibu berniat untuk menutup pintu mobil dan pergi dari lokasi, tetapi masih dicegat oleh karyawan. "Kenapa ibu nggak jujur?," kata karyawan. 

"Ya udah sini (mau menutup pintu)," ucap ibu-ibu 

"Nggak mau lah, bayar dulu lah, gimana sih ngambil cokelat. Saya lihat bu!," kata karyawan menambahkan. 

Akhirnya, ibu-ibu tersebut turun dari mobil dan masuk kembali ke Alfamart untuk membayar cokelat yang sudah dia ambil. "Gini aja bu, kalau udah ketahuan, makanya kita sama-sama baik juga," kata karyawan pria. 

Akan tetapi, tak berselang lama, ibu-ibu yang diketahui bernama Mariana itu kembali mendatangi Alfamart dengan membawa seorang pengacara. 

Dia merasa tak terima dengan video viral tersebut, dan menuntut permintaan maaf dari karyawan Alfamart. Akhirnya karyawan perempuan tersebut meminta maaf. 

"Saya karyawan alfamart ingin mengklarifikasi video yang tersebar di media sosial karena sudah ada kesalahpahaman di antara kita berdua dan telah merugikana ibu Mariana, dan saya memohon maaf kepada ibu Mariana karena atas video yang tersebar kemarin," tutur karyawan Alfamart, Amelia.

"Dan Alhamdulillah hari ini sudah diselesaikan secara kekeluargaan," ujarnya menambahkan. 

Melalui pengacaranya, Mariana mengaku merasa dirugikan dengan beredarnya video dia tengah kepergok mengambil cokelat tersebut. "Alhamdulillah hari ini sudah terjadi kesepakatan, Amelia sudah memohon maaf kepada ibu Mariana atas video yang telah beredar. Maka video-video yang beredar kemarin itu adalah video yang sangat-sangat merugikan ibu Mariana," kata pengacara. 

"Dan pada hari ini udah selesai, dan kepada karyawan dan manajer Alfamart kami memohon maaf juga atas terjadinya kesalahpahaman antara ibu Mariana dan karyawan Alfamart," ucapnya menambahkan. 

Sementara Mariana tak banyak bicara, dia hanya menegaskan bahwa video yang tersebar itu sangat merugikannya. "Udah pak itu aja, soalnya kan merugikan banget," katanya. 

Menanggapi hal itu, PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk atau Alfamart tak tinggal diam. Mereka menunjuk kantor hukum Hotman Paris Hutapea dalam kasus ini. Alfamart menyatakan mendukung penuh karyawati uang disebut diancam dengan UU ITE itu. 

"Alfamart telah menunjuk kantor hukum Hotman Paris Hutapea sebagai kuasa hukum kami," kata Corporate Affairs Director Sumber Alfaria Trijaya, Solihin, dalam video yang diunggah di akun resmi Twitter Alfamart. 

Peristiwa itu terjadi di Alfamart Sampora, Kampung Sampora RT 04, RW 02, Desa Sampora, Kecamatan Cisauk, Tangerang Selatan, pada 13 Agustus 2022 pukul 10.30 WIB. Solihin menyatakan Alfamart menolak tindakan intimidasi terhadap karyawannya. 

"Saya mewakili manajemen Alfamart menyatakan dan menegaskan bahwa perusahaan sepenuhnya mendukung karyawan kami yang berdasarkan investigasi awal menjalankan tugasnya sesuai prosedur," kata Solihin. 

"Kami menolak tindakan intimidasi yang dilakukan terhadap karyawan yang telah berupaya menjalankan tugasnya dengan baik," ujarnya. 

Usai menggandeng kantor hukum Hotman Paris, Solihin berharap kasus ini dapat dijadikan pembelajaran untuk menghormati hukum. "Kami berharap kasus ini dapat menjadi pembelajaran bagi semua pihak agar menghormati hak semua warga negara di mata hukum," kata dia. 

Tak hanya Alfamart, petugas kepolisian juga turun tangan. Polisi akan mengecek kejadian viral ini dan meminta konfirmasi kepada pegawai Alfamart hari ini. "Iya ini baru pagi ini kita mau cek Reskrim sama Bhabin ke sana. Mau konfirmasi dulu, mau tanya kronologisnya. Soalnya kita baru dapat info juga pagi ini kalau itu di wilayah Cisauk," ujar Kapolsek Cisauk AKP Syabillah Putri Ramadhan. 

Saat ditanyai soal langkah-langkah yang akan dilakukan, Syabillah mengatakan perlu melakukan pengecekan TKP terlebih dahulu. Ia pun menambahkan, meski ada video sebagai barang bukti, polisi tetap perlu melakukan konfirmasi ke TKP. 

Nah ini kan mau didatengin dulu kita mau tanya kronologisnya nanti update-nya saya kabarin lagi," ucapnya."Kalau berdasarkan video ya (lakukan pencurian) tapi kan kita tidak bisa lihat dari video aja. Kita harus tanya kronologis dulu sama pegawai yang di sana makanya mau cek dulu," imbuh Syabillah. (tim redaksi) 

#viral
#karyawanalfamart
#alfamart
#ibuibungutil
#klepto
#uuite
#hotmanparis

Tidak ada komentar