Breaking News

Ujicoba Fungsional Tol Serpong-Balaraja, Masuk Gratis hingga 21 Agustus

Tol Serpong-Balaraja Seksi 1A yang mulai dibuka secara fungsional. Foto: Istimewa

WELFARE.id-Akses jalan bebas hambatan di Provinsi Banten terus bertambah. Kali ini, jalan tol yang menghubungkan Kota Tangerang Selatan (Tangsel) dengan Kabupaten Tangerang yakni tol Serpong-Balaraja (Serbaraja) Seksi 1A beropersi. 

Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada Rabu (10/8/2022) pukul 06.00 WIB membuka jalan Tol Serpong-Balaraja Seksi 1A secara fungsional gratis alias tanpa. 

Uji coba jalan tol baru tanpa tarif itu akan diberlakukan mulai 10-21 Agustus 2022 mendatang. Jalan Tol Serpong-Balaraja Seksi 1A memiliki jarak sepanjang 5,15 kilometer.


”Jalan tol Serpong-Balaraja ini terhubung dari Serpong hingga Simpang Susun (SS) CBD sebelumnya telah menjalani Uji Laik Fungsi (ULF) dan Uji Laik Operasi (ULO) yang dilakukan unsur Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan, dan Korps Lalu Lintas Kepolisian RI pada 22-24 Juni 2022," tulis keterangan resmi BPJT.

Adapun pembangunan Jalan Tol Serpong-Balaraja guna menyediakan jalur alternatif guna memperlancar distribusi pasokan komoditas. Selain itu, tol yang menyambung dari Kecamatan Serpong, Kota Tangsel hingga Balaraja, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten ini juga untuk meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. 

Difungsionalkannya Jalan Tol Serbaraja Seksi 1A ini akan mendukung kehadiran pameran otomotif terbesar di Indonesia, yakni Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022. 

Untuk jalan Tol Serpong-Balaraja dikelola oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Trans Bumi Serbaraja yang terdiri atas 3 seksi. Yakni seksi I (BSD-Legok) sejauh 11,3 kilometer (km), seksi II (Legok–Tigaraksa Selatan) 10,7 km, dan seksi III (Tigaraksa Selatan-Balaraja) 17,8 km.

Jalan Tol Serbaraja ini akan terkoneksi dengan sejumlah jalan tol lainnya di DKI Jakarta. Yakni Jalan Tol Serpong-Ulujami yang juga terkoneksi dengan Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 1 dan JORR 2. (tim redaksi)


#jalantol
#bebashambatan
#tolserbaraja
#ujicoba
#fungsional
#serpong-balaraja
#gratis
#bpjt

Tidak ada komentar