Breaking News

Tak Perlu Minum Obat, Berikut Tips Terhindar dari Sakit Pinggang

Sakit pinggang. Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-Duduk lama di depan layar komputer sering menyebabkan nyeri pada pinggang. Pun demikian, ketika posisi tidur tidak pas, bangun tidur seringkali seseorang merasakan sakit pinggang.

Sakit pinggang tak lagi identik dengan penyakit orang lanjut usia (lansia). Faktanya, banyak remaja di awal usia 20 tahunan yang sudah mengeluhkan sakit pinggang.

Melansir Healthline, Senin (1/8/2022), setidaknya 80 persen orang Amerika akan mengalami nyeri pinggang dalam hidup mereka. Sebagian besar sakit pinggang adalah akibat dari cedera, seperti keseleo atau ketegangan otot karena gerakan tiba-tiba atau mekanika tubuh yang buruk saat mengangkat benda berat. 

Namun faktanya, sakit pinggang juga kerap dialami oleh anak muda di bawah usia 25-35 tahun. Penyebabnya pun beragam mulai dari pola hidup tak sehat, hingga kurang olahraga.

Nah, buat kamu yang pernah mengalami atau sedang merasakan sakit pinggang, tips berikut ini bisa dicoba:

1. Ganti posisi tidur

Cobalah untuk mengubah posisi tidur. Mengubah posisi tidur dapat mengurangi rasa sakit di pinggang. 

Jika kamu tidur miring, tarik kaki sedikit ke arah dada dan letakkan bantal di antara kaki. Jika tidur telentang, letakkan bantal di bawah lutut.

2. Bergerak

Secara berkali gerakkan tubuh. Bahkan ketika sedang ditempat kerja, menggerakkan tubuh sejenak bisa mengurangi rasa sakit di pinggang.

Orang yang banyak bergerak ternyata lebih cepat sembuh dari sakit pinggang dibanding mereka yang hanya tiduran. Untuk itu, kamu dituntut lebih aktif jika mengalami nyeri di pinggang. 

Jalan-jalan di sekitaran rumah sudah cukup untuk mengurangi sakit pinggang. Atau, coba jalan kaki menuju kantor dari halte bus terdekat.

3. Rutin berolahraga

Setidaknya 2 kali dalam seminggu, orang disarankan untuk olahraga. Olahraga bisa melancarkan peredaran darah di dalam tubuh.

Bisa olahraga renang atau yoga. Bahkan, bisa saja dengan rutin berjalan kaki di pagi hari. Lakukan olahraga secara perlahan, namun rutin untuk hasil yang maksimal.

4. Tempelkan koyo atau oleskan krim

Cara terakhir yang cukup instan untuk meredakan sakit pinggang adalah dengan mengoleskan krim atau menempelkan koyo pereda rasa nyeri di bagian yang terasa sakit. 

Pemakaian koyo diyakini tidak menyebabkan overdosis karena bahan aktif dan luas permukaan koyo sudah dihitung sesuai dosis yang pantas bagi pemakai. (tim redaksi)

#meredakansakitpinggang
#sakitpinggang
#rutinolahraga
#gantiposisitidur
#rajinbergerak
#oleskankrim
#koyo

Tidak ada komentar