Breaking News

Tak Hanya Buruh, Mahasiswa Juga Demo Tolak UU Ciptaker

Massa demo di depan gedung DPR. Foto: Ist

WELFARE.id-Selain elemen buruh, sejumlah mahasiswa tampak juga menggelar demonstrasi di depan Gedung DPR/MPR RI, Jakarta Pusat, Rabu (10/8/2022). Para demonstran itu menuntut pencabutan Undang-Undang Cipta Kerja. Para mahasiswa melakukan long march dari Jalan Gatot Subroto ke depan Gedung DPR RI. 

Sejumlah mahasiswa yang menggunakan almamater hijau tersebut membawa spanduk dan bendera "Tolak Undang-undang bermasalah," demikian tulisan di spanduk berwarna putih tersebut. 

Para mahasiswa itu masuk ke dalam barisan para buruh yang menggelar demo di Gedung DPR RI. 

Hingga kini, elemen buruh dan mahasiswa masih melakukan penyampaian pendapat. Orator memimpin dari atas mobil komando. "Hidup buruh. Hidup buruh," teriak para massa buruh. Aliansi ini diikuti lebih dari 40 organisasi buruh mulai dari konfederasi, federasi, serikat pekerja, ojek online. 

Ketua Kongres Aliasni Serikat Buruh Indonesia (KASBI) Nining Elitos mengatakan setidaknya aksi massa pada hari ini setidaknya untuk menuntut 3 poin penting. Hal itu telah menggerakkan aksi sejuta buruh untuk bergerak pada hari ini. "Aksi tuntutannya cabut Omnibus Law Cipta Kerja, batalkan RKUHP, dan turunkan harga-harga," ujarnya, Rabu (10/8/2022). 

Menghadapi demo tersebut, Polres Metro Jakarta Barat menyiagakan sebanyak 278 personel gabungan baik Polres, Polsek jajaran dan polisi perairan (polair). "278 personel gabungan tersebut diterjunkan guna untuk memastikan kelancaran dan keamanan di mana wilayah Jakarta Barat merupakan jalur lintasan," ujar Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pasma Royce. 

Dalam arahannya, Pasma berpesan agar para personel bertindak humanis dan persuasif dalam mengamankan aksi. Ia juga meminta seluruh personel untuk menaati standar operasional dan ketentuan di internal Polri terkait penggunaan kekuatan dalam tugas kepolisian. "Selain itu dilakukan Tactical Floor Game (TFG), sebagai bentuk kesiapan pengamanan aksi unjuk rasa element buruh," ujar Pasma. 

Dalam aksi ini, pihaknya menempatkan personel di beberapa titik, di antaranya TL Slipi, TL Tomang, Pospol Palmerah, Slipi Jaya, Jalan Brigjen Katamso, TL Kiapang, Aspol Petamburan, Flyover Jati Pulo, Flyover Jati Baru, dan kolong Flyover Slipi. (tim redaksi) 

#demo
#demoburuh
#demomahasiswa
#omnibuslaw
#tolakomnibuslaw
#uuciptaker
#demodepangedungdpr

Tidak ada komentar