Breaking News

Suap Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Mandiri, KPK Gelar OTT di Unila

Ilustrasi kantor KPK. Foto: net

WELFARE.id-Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali melakukan operasi tangkap tangan (OTT). Kali ini, tujuh orang diamankan dalam operasi senyap di Bandung dan Lampung, Sabtu dinihari (20/8/2022). 

Salah satunya yang diduga tertangkap dalam operasi senyap itu adalah Rektor Universitas Lampung (Unila), Prof Karomani. ”Tim KPK sejauh ini mengamankan 7 orang di Bandung dan Lampung. Termasuk rektor dan pejabat kampus itu," terang Plt Juru Bicara Bidang Penindakan KPK, Ali Fikri dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (20/8/2022)

Meski demikian, Ali belum menjelaskan secara rinci mengenai penangkapan tersebut. Dia hanya menyebut bahwa ketujuh orang itu diamankan terkait dugaan suap penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri di Universitas Lampung (Unila).

"Terkait dugaan korupsi suap penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri di Universitas Negeri Lampung tersebut," ungkap Ali juga.  Ketujuh orang yang ditangkap dalam OTT tersebut, kini sudah berada di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta. 

Mereka sedang menjalani pemeriksaan oleh tim penyidik. KPK memiliki waktu 1x24 jam untuk menentukan status hukum pihak-pihak yang ditangkap. "Perkembangan lain akan disampaikan nanti," ujar Ali juga.  

Sementara itu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemenrisetdikti) mengaku sedih dengan terjadinya operasi tangkap tangan KPK terhadap Rektor di salah satu universitas Negeri di Lampung tersebut. 

Itu diungkapkan Plt Direktur Jenderal (Dirjen) Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Kemenrisetdikti Nizam setelah dikonfirmasi awak media terkait operasi senyap KPK yang mengamankan rektor di salah satu universitas negeri di Lampung.

"Saya pribadi sangat sedih dengan kejadian ini. Tidak menyangka rektor sampai kena OTT," kata Nizam, Sabtu (20/8/2022). Dia juga memastikan pihaknya tentu akan menyerahkan seluruh proses hukum yang tengah berjalan kepada KPK.

Terkait informasi kalau rektor yang diringkus dalam tangkap tangan oleh tim Satgas KPK adalah Rektor Unila, Profesor Karomani, Nizam mengaku tak mau berspekulasi.  

Dia lebih memlih memastikan ketika KPK menyampaikan kepada publik terkait penetapan status pihak-pihak yang ditangkap dalam OTT tersebut. ”Kami tunggu penetapan statusnya oleh KPK dulu," tandas Nizam. (tim redaksi)


#kpk
#operasisenyap
#operasitangkaptangan
#rektorunila
#profesorkaromani
#dirjenpendidikantinggi,risetdanteknologi
#nizam

Tidak ada komentar