Breaking News

Startup Telemedicine Pawlyclinic dari Singapura Ekspansi ke RI, Tawarkan Kenyamanan Konsultasi Kesehatan "Anabul"

Telemedicine untuk mengecek kesehatan hewan peliharaan. Foto: Ilustrasi/ CNA Lifestyle/ Joyee Koo

WELFARE.id-Pawlyclinic, startup telemedicine hewan peliharaan yang berbasis di Singapura, mengumumkan ekspansi ke pasar Indonesia. Co-Founder dan Chief Executive Officer Pawlyclinic Tong Junyong mengatakan, Pawlyclininc merupakan sebuah platform yang memberikan pemilik hewan peliharaan akses sesuai permintaan ke perawatan hewan terkemuka di luar Singapura.

Menurut pengamatannya, pandemi COVID-19 telah berkontribusi pada peningkatan yang signifikan dalam jumlah adopsi hewan peliharaan di Indonesia. Karena banyak yang merasakan dampak positif kehadiran hewan peliharaan di rumah mereka.

"Faktanya, kepemilikan hewan peliharaan tumbuh hingga 20 persen setiap tahunnya. Di Jawa, sekitar 60% penduduknya memelihara hewan di dalam rumah," ungkap Tong, dikutip Jumat (5/8/2022).

Pawlyclinic juga menilai, Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki populasi pemilik anak bulu (anabul) terbesar di Asia Tenggara. Namun, pengeluaran perawatan hewan peliharaannya per kapita termasuk yang paling rendah.

Itu artinya, edukasi dan penetrasi tentang pentingnya memelihara kesehatan hewan masih kurang. Ia justru melihat peluang penetrasi yang signifikan dari jumlah pemilik hewan peliharaan masih sangat luas. 

Sebagai salah satu pemakai internet yang tumbuh paling cepat di kawasan Asia Tenggara, ia berharap, kemudahan mengakses konsultasi kesehatan untuk hewan peliharaan bisa menjadi penolong bagi mereka. Dirinya berharap tanggapan positif dari para pemilik hewan, khususnya milenial dan gen Z.

Pihaknya secara tegas mengatakan, tidak bertujuan menggantikan perawatan fisik hewan di klinik. Melainkan, melengkapi klinik fisik dengan menyediakan akses sesuai permintaan ke perawatan hewan untuk hewan peliharaan dengan kondisi nondarurat, seperti hewan peliharaan yang sedang menjalani perawatan paliatif jangka panjang atau yang mengalami kekurangan nutrisi, kekhawatiran kesehatan, atau perubahan perilaku.

Diluncurkan pada September 2021, Pawlyclinic bertujuan untuk tidak hanya memastikan pengalaman bebas stres bagi hewan peliharaan dan pemiliknya melalui telekonsultasi. Tetapi juga memungkinkan dokter hewan menganalisis kondisi kesehatan hewan peliharaan untuk penilaian dan diagnosis yang lebih baik. (tim redaksi)

#pawlyclinicsingapura
#telemedicinekhusushewanpeliharaan
#pemilikhewanpeliharaan
#anabul
#hewanpeliharaan
#telekonsultasi
#diagnosis
#perawatanpaliatif
#hewankekurangannutrisi

Tidak ada komentar