Breaking News

Sosok Si Dul Dibuat Versi Animasi, Ada Komjen Pol Boy Rafli Amar di Belakang Layar

Novel "Si Dul" karya penulis Minang, Aman Datuk Madjoindo bakal dibuat versi animasi. Foto: Istimewa/ Dok.HJ Production

WELFARE.id-Ketenaran sosok Si Doel dalam serial sinetron yang diperankan sosok Rano Karno sudah dikenal luas masyarakat. Tua, muda, kaya, miskin, semua tersentuh dengan kisah perjuangan keluarga Si Doel yang kental dengan nuansa Betawi.

Nah, kini, kisah novel "Si Dul" karya penulis Minang, Aman Datuk Madjoindo akan dibuatkan dalam versi animasi. Ide pembuatan animasi itu tak terlepas dari peran Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme, Komjen Pol Boy Rafli Amar.

Ia tak lain adalah cucu dari Aman Datuk Madjoindo, penulis Minang yang membuat novel dan kisah "Si Dul Anak Betawi" pada 1932 silam. Boy mengatakan, ingin menggarap Si Dul versi animasi, lantaran ingin membuat tontonan yang bukan hanya menghibur, tapi juga memberikan teladan bagi anak-anak Indonesia. 

Untuk ceritanya, Boy yang juga pemegang hak cipta mengaku akan menghadirkan cerita-cerita yang lebih segar dan masa kini. Tak akan jauh berbeda dengan cerita serialnya, nantinya serial animasi Si Dul akan menceritakan tentang bagaimana kehidupan seorang anak Betawi yang bernama ‘Dul’ yang hidup pada masa penjajahan. Dengan segala kekurangan dan kesulitan hidup yang dialaminya pada masa itu, tapi tetap berusaha untuk menjadi seorang anak yang gigih dan tangguh.

Dengan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai sosial dan agama serta budi pekerti yang luhur. ’’Novel Si Dul Anak Jakarta yang ditulis oleh kakek saya akan bertransformasi menjadi karya animasi tentu menjadi kebanggaan untuk saya dan keluarga besar. Karena tepat 1 hari sebelum Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, telah lahir sebuah karya animasi yang kami persembahkan untuk Anak-Anak Indonesia, dengan judul Si Dul. Semoga animasi ini tidak hanya menjadi tontonan tapi juga menjadi tuntunan untuk generasi muda bangsa kita,” tutur Boy Rafli Amar dalam keterangan virtual, dikutip Jumat (19/8/2022). 

Series animasi ini digarap Rocket Studio, merupakan rumah produksi animasi di bawah bendera HJ Production. Rocket Studio sendiri dinakhodai oleh Dana Riza sebagai Produser Kreatif dan Indra Jaya sebagai Sutradara. 

Mereka telah mempunyai visi yang sama dengan Boy Rafli Amar untuk proyek animasi Si Dul ini. ’’Sebuah kebanggaan bagi kami bisa memimpin proyek ini. Kami akan menghidupkan kembali tokoh yang dulu sangat fenomenal. Latar cerita asli novelnya adalah masa penjajahan, namun kami akan menyajikan kisah yang lebih modern sesuai dengan perkembangan hari ini namun tetap disertai nilai kearifan lokal," janji sang sutradara.

"Si Dul akan menjadi sosok yang memberikan kisah inspiratif tentang isu sosial, pendidikan, budaya, agama, kebangsaan, kelestarian alam, kesehatan dari sudut pandang anak kecil,” sambungnya.

Dirinya adalah sutradara serial animasi "Adit Sopo Jarwo" yang diproduksi oleh MD Animation pada 2013. Sementara Dana Riza adalah Direktur Utama MD Animation. 

Kini mereka kembali berkolaborasi di dalam proyek serial animasi Si Dul di bawah bendera Rocket Studio. ’’Pak Boy ingin animasi ini tidak hanya jadi tontonan tapi sekaligus jadi tuntunan juga bagi para orang tua untuk memberikan edukasi kepada putra putrinya. Kami tentu akan sejalan dengan visi Pak Boy untuk menciptakan tokoh yang sederhana, punya keinginan tinggi untuk belajar dan tentunya mengangkat kearifan lokal masyarakat Indonesia,” yakinnya. 

Karakter Si Dul dibuat sedemikian rupa sesuai ekspektasi Boy Rafli. Salah satunya adalah dengan pembuatan offline event seperti lomba mewarnai komik Si Dul lomba mendesain baju batik Si Dul, lomba masak menu nusantara dan kegiatan lainnya yang bisa mengangkat kearifan lokal Indonesia. "Sehingga nantinya Si Dul akan jadi wajah animasi anak Indonesia,” harapnya. (tim redaksi)

#serialanimasi
#serialanimasisidul
#adaptasinovelkaryapenulisminang
#amandatukmadjuindo
#komjenpolboyrafliamar
#filmanimasi
#saratedukasi

Tidak ada komentar