Breaking News

Sebelas Rekomendasi Makan Sehat untuk Keluarga yang Tak Menguras Kantong

Ilustrasi memilih makanan sehat tapi dengan harga terjangkau. Foto: Istimewa 

WELFARE.id-Dampak kenaikan harga pangan global yang berimbas ke Tanah Air. Kini, semua harga kebutuhan pokok harganya melonjak. Dampaknya, makanan bergizi, kaya protein, dan tinggi vitamin makin tidak terjangkau. 

Bila tidak diakali, maka anak-anak yang bakal jadi generasi penerus bangsa akan kekurangan gizi. Karena itu, berikut ini sedikit tip rekomendasi makan sehat dengan harga yang terjangkau untuk memastikan Anda mengkonsumsi makanan sehat setiap hari: 


1. Daftar Belanja
Membuat daftar belanja sebelum melakukan pembelian pangan dapat meningkatkan pola makan yang lebih sehat dan indeks massa tubuh yang lebih rendah. Menurut para peneliti, membuat daftar tersebut berfungsi sebagai bentuk pertahanan terhadap pilihan makanan yang tidak sehat. 

2. Produk  kalengan
Gagasan bahwa produk segar lebih sehat daripada makanan beku atau kalengan tidak selamanya benar. Buah dan sayuran beku dan kaleng dipetik saat kondisi paling matang dan paling sehat, dimana ini akan membantu mereka dalam mempertahankan nilai gizi.
Dalam penelitian tahun 2015 terhadap delapan buah dan sayuran, ditemukan bahwa kandungan vitamin dari varietas beku sebanding dengan yang segar, dan dalam beberapa kasus bahkan lebih tinggi.

3. Manfaatkan Diskon
Diskon sering ditawarkan pada produk atau diberikan langsung kepada Anda. Gunakan diskon ini untuk mendapatkan harga yang lebih murah dan membantu dalam mengurangi anggaran belanja.

4. Jadi Pelanggan 
Supemarket sering menawarkan program loyalitas gratis untuk mereka yang bergabung menjadi member. Dengan menjadi anggota, Anda bisa mendapatkan keuntungan dari penawaran harga khusus yang diberikan dan diskon yang tersedia.

5. Berbelanja di Toko Grosir
Beli produk makanan di toko grosir untuk mendapatkan harga yang lebih murah, selain itu toko grosir juga membeli secara langsung produknya dari produsen sehingga kualitasnya dapat terjamin.

6. Beli Daging Curah 
Dengan membeli paket ukuran keluarga dan membekukan daging yang tidak langsung dikonsumsi, mengurangi biaya daging selama seminggu atau sebulan. Pilih protein tanpa lemak seperti ayam, kalkun, atau daging sapi tanpa lemak karena mereka adalah yang paling sehat.

7. Sumber Protein Terjangkau
Protein adalah komponen penting dari kulit, otot, dan tulang, dan untuk pertumbuhan anak-anak. Telur dan ikan kalengan seperti tuna, sarden, dan salmon adalah sumber protein yang murah dan lezat.  

8. Bandingkan Harga 
Memahami biaya eceran dan harga satuan dapat membantu dalam memilih produk kecil dan versi yang lebih besar dari barang yang sama. Setelah memahaminya, Anda dapat menghitung berapa banyak uang yang akan dihemat dengan membeli dalam jumlah yang lebih besar dan menimbangnya dengan kemungkinan akan menggunakan seluruh produk sebelum tanggal kedaluwarsa.

9. Beli Buah dan Sayur saat Musimnya
Lebih baik membeli buah dan sayuran segar saat sedang musimnya karena biasanya lebih terjangkau dan memiliki rasa yang lebih unggul. 

10. Tanam Sendiri
Tanam buah dan sayuran sendiri untuk dapat memastikan kualitasnya dan meminimalisir biaya belanja. Selain itu, jika tidak memiliki halaman yang luas, Anda dapat menanamnya di pot atau keranjang gantung. 

11. Hindari Produk Ternama
Pilihlah produk yang sama dengan merek lain yang lebih murah, namun Anda juga harus memastikan kualitasnya. Tidak semua buah atau sayuran dengan kemasan yang kurang menarik memiliki kualitas yang buruk. (tim redaksi)


#gayahidup
#hidupsehat
#belanjahemat
#penuhikebutuhangizi
#hargapangannaik
#konsumsikeluarga

Tidak ada komentar