Breaking News

Sarwendah Idap Kista pada Batang Otak, Waspadai Migrain Berkepanjangan Bisa Jadi Gejala

Sarwendah. Foto: Istimewa

WELFARE.id-Mengaku sering alami migrain sejak 2017 lalu, Sarwendah akhirnya didiagnosa mengidap kista di batang otak. Akibat penyakit itu, istri Ruben Onsu kini dihadapkan pilihan dioperasi atau tidak.

Karena pusing yang tak tertahan, ia memilih untuk menjalani Magnetic Resonance Imaging (MRI) pada 2021. "Iya, jadi itu karena aku migrain terus. Setelah aku flashback itu, sudah dari 2017," kata Sarwendah dikutip dari program talkshow di salah satu stasiun televisi swasta, dikutip Sabtu (13/8/2022).

Namun, rencana pemeriksaan itu urung dilaksanakan karena kondisi pandemi COVID-19 yang kala itu tak memungkinkan. Sehingga, ibu tiga anak ini disarankan untuk mengecek tulang leher terlebih dahulu.
Hasil pemeriksaan menyebutkan bahwa kondisi tulang leher Sarwendah berbeda dari sebelumnya. 

Hingga kemudian dia menjalani MRI baru-baru ini dan ditemukan ada kista di bagian batang otaknya. "Berarti kalau dia, amit-amit pecah atau terjadi apa-apa, ya pasti mungkin bisa lewat," jelas Sarwendah.

Karena ada di batang otak itu, keseimbangan kita semuanya di situ. "Jadi matanya mungkin miring sebelah, nggak bisa posisi balance, berdiri juga tidak bisa balance, dengar pun mungkin tidak bisa," ungkapnya sedih.

Ia juga menambahkan, operasi pengangkatan kista di batang otaknya hanya memiliki masing-masing kemungkinan 50 persen. Artinya, menurut Sarwendah kemungkinan dirinya sembuh hanya 50 persen, sementara kemungkinan cacat atau meninggal juga 50 persen.

"Masalahnya, kalau tindakan di batang otak itu, kemungkinan adalah 50:50. Mungkin kalau orang operasi usus buntu, sudah pasti aman. Ini kan baru satu bulan. Jadi, kata dokter ya observasi dulu," imbuhnya.

Ia menambahkan, nanti 6 bulan kemudian, atau 3 bulan kemudian baru akan dicek lagi. "Apakah itu membesar atau kalau dia cuma di situ saja dan dia tidak mengganggu, dia tidak membesar, ya diamkan saja,” imbuhnya.

Penyebab kista di otak

Kista di otak bisa muncul pada anak-anak atau orang dewasa. Kista otak bisa muncul bahkan sebelum lahir tetapi tidak menimbulkan gejala apa pun sampai mengancam kesehatan.

Terkadang, kista di otak dapat berkembang sebagai respons terhadap infeksi, cedera, atau kanker.

Macam-macam kista pada otak

Dikutip dari laman SBS Hospital India, Sabtu (13/8/2022), keberadaan kista ini dapat menciptakan situasi yang mengancam jiwa tergantung pada lokasi dan gejala yang ditimbulkannya. Yang paling parah kista di otak dapat menyebabkan pendarahan (hemorhage), kerusakan pada sistem saraf pusat, dan terkadang bahkan kematian.

Kista di otak bisa muncul pada anak-anak atau orang dewasa.  Kista otak bisa muncul bahkan sebelum lahir, tetapi tidak menimbulkan gejala apa pun sampai mengancam kesehatan.

Melansir laman Mediacal Health Today, berikut kista yang ditemukan di batang otak:

Kista arachnoid

Kista ini berkembang pada membran arachnoid yang menutupi otak dan sumsum tulang belakang bersama dengan dua membran lainnya. Kista yang tumbuh pada membran arachnoid biasanya jinak dan jarang menimbulkan gejala. 

Kista kelenjar pineal

Kista pineal terjadi ketika ada ruang berisi cairan di dalam kelenjar pineal yang terletak di dekat pusat otak. Kelenjar pineal adalah bagian otak yang mengatur siklus tidur.

Kista koloid 

Kista koloid berkembang di ventrikel otak, merupakan rongga terbuka di otak yang penuh dengan cairan serebrospinal. Kista koloid bersifat jinak, tetapi bisa menghalangi aliran cairan serebrospinal, yang menyebabkan kelebihan cairan di otak. 

Kista dermoid

Kista dermoid muncul di otak atau tulang belakang. Penyakit ini berkembang dari kelainan bawaan pada sel-sel kulit.

Kista dermoid terjadi saat lapisan kulit tidak tumbuh bersama sebagaimana mestinya, selama perkembangan janin. 

Kista epidermoid

Tidak seperti kista dermoid, kista epidermoid mengandung sel kulit sederhana, termasuk keratin dan sel kulit mati. Mereka tumbuh di tulang belakang ketika tubuh secara tidak sengaja melepaskan sel-sel kulit secara internal, menciptakan kista yang tumbuh perlahan. (tim redaksi)

#kistadibatangotak
#sarwendah
#bahayakistapadaotak
#macammacamkistapadaotak
#sistemsyarafpusat
#gejalakistapadaotak
#penyebabkistapadaotak

Tidak ada komentar