Breaking News

Revitalisasi TMII Hampir Kelar, Jokowi Pesan Harga Tiket Jangan Mahal-Mahal

Presiden Joko Widodo tinjau revitalisasi TMII (dok Kemensetneg) 

WELFARE.id- Proyek revitalisasi Taman Mini Indonesia Indah (TMII) hampir rampung. Perkembangannya hingga kini telah mencapai 98 persen dan segera dibuka untuk masyarakat. Hal itu disampaikan Presiden Joko Widodo ketika meninjau langsung wisata yang terletak di Jakarta Timur tersebut. 

"Ini sudah 98 persen, sebentar lagilah selesai langsung bisa dinikmati oleh masyarakat kembali," kata Jokowi kepada wartawan di TMII, Jakarta, dikutip Rabu (24/8/2022). 

Jokowi menuturkan, revitalisasi TMII yang menghabiskan anggaran Rp1,1 triliun ini merupakan renovasi besar-besaran yang pertama kali dilakukan sejak TMII dibuka pada era pemerintahan Presiden Suharto yakni tahun 1975. 

Selain revitalisasi yang dilakukan pemerintah, Jokowi juga meminta pemerintah provinsi untuk memperbaiki anjungan masing-masing daerah yang sudah rusak agar terlihat baru. "Sebagian provinsi sudah mulai merenovasi dan membangunnya, kita harapkan di akhir tahun ini semuanya selesai," katanya. 

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu berharap, setelah revitalisasi rampung, TMII akan menjadi tujuan wisata turis domestik dan mancanegara. 

Untuk itu, ia meminta agar pengelola mengadakan kegiatan seni budaya secara rutin di setiap anjungan ataupun panggung terbuka sebagai hiburan bagi masyarakat, terutama anak-anak. "Saya titip pesan juga, tarifnya jangan mahal-mahal, rakyat harus bisa tetap menikmati TMII ini," pesannya. 

Sementara itu, Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti menyampaikan kegiatan renovasi TMII dimulai sejak Januari 2022. "Kami juga lakukan perbaikan halaman setiap anjungan provinsi yang sebelumnya terkotak-kotak dengan pagar besi beton, sekarang menjadi menyatu tanpa sekat antar anjungan dengan lansekap hijau yang indah dan tertata," terangnya. 

Dia menjelaskan renovasi TMII dilaksanakan dalam tiga zona  Zona 1 dengan tema Indonesia klasih elegan dan geometri di antaranya penataan area gerbang utama, renovasi koridor utama Sasono, plaza utara dan selatan, Plaza Gadjah Mada, Tugu Pancasila, Keong Mas, Sasono Utomo, Sasono Langgeng Budoyo, Sasono Adiguno, Museum Indonesia, dan lantai satu gedung pengelola sebagai gerai UMKM. 

Zona 2 dengan tema Arsitektur Nusantara, Tradisi, dan Budaya Sulur di antaranya penanganan jalan dan pedestrian kawasan lingkar dalam, Plaza Boulevard Nusantara, amphiteater, dan promenade keliling Danau Archipelego. Dan Zona 3 dengan tema Indonesia Kini Modern di antaranya penanganan jalan dan pedestrian kawasan lingkar luar. (tim redaksi) 

#tamanmini
#tmii
#revitalisasitmii
#presidenjokowidodo
#presidenjokowi
#destinasiwisata
#wisatajakarta

Tidak ada komentar