Breaking News

Redakan Efek Sinusitis dengan 6 Cara Alami Ini

Penyakit sinusitis. Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-Sinusitis bisa menyebabkan banyak gangguan kesehatan. Melansir Livealittlelonger.com, Rabu (31/8/2022), penyebab utama terjadinya infeksi sinusitis adalah alergi atau pilek.

Infeksi tersebut meningkatkan produksi lendir yang berkumpul di bagian sinus. Hasilnya, ada lebih banyak bakteri yang menyebabkan infeksi.

Selain menggunakan obat resep dokter, pasien sinusitis juga bisa menggunakan bahan alami untuk meredakan efek sinus. Berikut beberapa rekomendasi yang bisa dilakukan di rumah:

1. Uap

Cara mengobati sinusitis yang pertama adalah dengan menggunakan uap atau pelembab udara. Udara kering dapat meningkatkan tekanan sinus dan menyebabkan sakit kepala serta nyeri berdenyut. 

Uap menambah kelembaban ke udara, membantu melembabkan saluran sinus dan mengencerkan lendir yang mungkin telah mengental seiring waktu. Mandi air panas dan hirup uapnya untuk mengurangi tekanan. 

Kamu juga bisa menggunakan pelembab udara untuk bantuan jangka panjang. Untuk dorongan ekstra, tambahkan minyak kayu putih ke dalam bak mandi untuk mempercepat pemulihan dengan uap.

2. Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih dapat membantu membuka sinus dan menghilangkan lendir. Studi menemukan, bahwa bahan utama dalam minyak kayu putih, cineole, membantu penderita sinusitis akut pulih lebih cepat.

Untuk meredakan sinus atau infeksi saluran pernapasan atas, gunakan minyak kayu putih secara eksternal di pelipis atau dada. Bisa juga dihirup melalui diffuser saat minyak ditambahkan ke air mendidih. 

Pastikan kamu hanya menggunakan minyak esensial food grade. Gosokkan satu tetes setiap minyak di langit-langit mulut, lalu minum segelas air.

3. Jahe

Livealittlelonger.com merekomendasikan jahe sebagai obat sinusitis yang bisa digunakan. Senyawa yang terkandung dalam jahe mampu mengontrol produksi lendir sehingga saluran pernapasan Anda tidak akan tersumbat.

4. Bawang putih

Tidak hanya bawang merah, bawang putih juga bisa kamu gunakan untuk mengobati sinusitis. Bahkan, mengonsumsi bahan alami itu juga bisa kamu jadikan langkah pencegahan.

Kandungan dalam bawang putih akan menghangatkan tubuh sehingga sinusitis pun menjadi lebih mudah diobati.

5. Teknik relaksasi

Tekanan sinus dapat menyebabkan kamu merasakan ketegangan di kepala, wajah, dan leher. Terapi biofeedback, metode pengobatan alternatif yang mengajarkan kamu bagaimana mengontrol fungsi tubuh, dapat meredakan tekanan ini.

Metode ini telah terbukti berhasil dalam meredakan sakit kepala, menggabungkan latihan pernapasan dalam dan meditasi untuk mencapai relaksasi dan mengurangi rasa sakit. Yoga, meditasi, dan teknik relaksasi lainnya dapat membantu mengurangi rasa sakit dan tekanan akibat infeksi sinus.

6. Gunakan neti pot

Cara mengobati sinusitis yang terakhir adalah dengan menggunakan neti pot. Irigasi hidung adalah proses yang sering digunakan untuk meringankan gejala sinusitis. 

Menurut penelitian terbaru, menggunakan neti pot dengan larutan garam dapat menghilangkan beberapa gejala sinusitis kronis. Berikut langkah menggunakan neti pot: 

- Isi panci dengan larutan garam;
- Miringkan kepala anda di atas wastafel pada sudut 45 derajat;
- Masukkan cerat pot ke lubang hidung bagian atas;
- Tuang larutan garam dengan hati-hati ke lubang hidung itu dan ulangi proses dengan lubang hidung lainnya.

Berhati-hatilah untuk membersihkan neti pot setelah setiap kali digunakan. Pastikan hanya menggunakan air suling. (tim redaksi)

#sinusitis
#carapengobatanalami
#bahanalami
#bisadilakukandirumah
#teknikrelaksasi
#penguapan
#berlendir

Tidak ada komentar