Breaking News

Pupuk Organik Sekaligus Antihama, Ampas Kopi Ternyata Kaya Manfaat

Ampas kopi untuk pupuk tanaman hias. Foto: Ilustrasi/ Shutterstock

WELFARE.id-Ampas kopi ternyata memiliki berbagai manfaat. Tak hanya untuk kecantikan saja, ampas kopi juga ternyata baik digunakan sebagai pupuk tanaman hias.

Nah, jika kamu penghobi tanaman hias dan coffee lovers, maka ini akan menjadi perpaduan yang apik. Layaknya pupuk, kopi cukup efektif untuk menjadi bagian dari pengomposan dan menjauhkan dari hama tertentu. 

Melansir The Spruce, Selasa (23/8/2022), bubuk kopi mengandung sekitar 1,45% nitrogen. Mereka juga mengandung magnesium, kalsium, kalium, dan mineral lainnya. 

Pengomposan dengan kopi akan menciptakan kondisi yang mendorong pertumbuhan bakteri aerobik yang bermanfaat. Kopi juga dapat menambahkan kandungan nitrogen ke dalam tumpukan kompos padat. 

Untuk pengomposan, kamu bisa menambahkan ampas bubuk kopi dengan sisa makanan dan potongan rumput lain. Perbandingannya, rasio 4:1 antara bahan kompos cokelat dan bahan kompos hijau (ampas kopi). 

Jika ini tidak tepat, kompos akan mulai bau, tidak akan memanas, dan gagal. Selain kandungan yang baik untuk tanaman, ampas kopi juga bahan organik yang dapat meningkatkan drainase, retensi air, dan aerasi di dalam tanah. 

Tambahkan saja bubuk kopi langsung ke dalam tanah. Kamu cukup menaburkan secukupnya di bagian permukaan tanah. 

Dengan begitu, ampas kopi ini akan melepaskan nitrogennya. Kamu tak perlu khawatir dengan tingkat keasamannya karena kopi bekas sebenarnya hampir memiliki pH yang netral. 

Namun, ada juga tanaman yang menyukai keasaman seperti wortel, bluberi, azalea, dan hydrangea. Selain kopi dalam bentuk bubuk, kamu dapat membuat pupuk cair kopi agar lebih mudah dalam menerapkannya. 

Caranya, tambahkan dua cangkir bubuk kopi bekas ke dalam ember berisi air. Biarkan selama beberapa jam atau semalaman. 

Setelahnya, kamu dapat menggunakan ramuan ini langsung ke daun dan batang dengan menggunakan alat semprot. Kamu juga tak perlu khawatir bila ampas kopi mengotori daun karena cara tersebut. 

Sebab, bubuk kopi bersifar abrasif, sehingga dapat menghalangi tanaman dari serangan hama, seperti siput. Ampas kopi bekas juga akan membantu mikroorganisme (cacing tanah) di dalam tanah untuk hidup karena kopi merupakan salah satu sumber makanannya. (tim redaksi)

#manfaatampaskopibagitanaman
#membantumikroorganisme
#menciptakansistemdrainasetanaman
#sebagaiantihama
#ampaskopi
#pupukorganik
#hobiberkebun

Tidak ada komentar