Breaking News

Puan Maharani-Surya Paloh Jajaki Kerja Sama Jelang Pemilu 2024, Ini Kata Ganjar Pranowo

Pertemuan Ketua DPP PDIP Puan Maharani dan Ketum NasDem Surya Paloh di NasDem Tower, Senin (22/8/2022). Foto: Dok NasDem

WELFARE.id-Pertemuan politik antara Ketua Umum (Ketum) Parta NasDem dengan Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani terjadi di NasDem Tower, Jakarta, Senin (22/8/2022).

Puan dalam pertemuan itu mengatakan PDI Perjuangan dan NasDem akan saling menjajaki kerja sama satu sama lain jelang Pemilu Serentak 2024. Itu diucapkan Puan usai bertemu selama dua jam dengan Surya Paloh.

Puan mengatakan penjajakan kedua partai ini diharapkan bisa berjalan secara konkret untuk membangun Indonesia ke depannya.

"Kami akan menjajaki sehingga Insya Allah kerja sama antara dua parpol ini dapat berjalan secara konkrit dalam menjalankan cita-cita Bung Karno ke depan," ungkap Puan.

Tak hanya itu, Puan menyatakan PDIP dan NasDem bersepakat menjalin sinergi jelang Pemilu 2024 mendatang. Baginya, pertemuan hari ini bukan jadi pertemuan terakhir.

"Bagaimana membangun bangsa dan negara bersama dan menjalin komunikasi dan sinergi menuju Pemilu 2024 sehingga persatuan dan kesatuan dapat terus terjaga," ucap Puan.

Di sisi lain, Puan menyebut pertemuan dengan Surya Paloh ibarat seorang keponakan sedang dijamu oleh pamannya. Ia lantas mengucapkan terima kasih atas sambutan Surya Paloh terhadap kehadirannya.

"Ini bukan hanya pertemuan antar partai politik, PDIP dan NasDem, tapi seorang senior, seorang orang tua, seorang om yang menjamu ponakannya," kata dia.

Sebagai informasi, Puan tengah melakukan safari politik ke pelbagai partai politik. Hal ini merupakan salah satu amanat dari Rakernas PDIP yang digelar Juni 2022 lalu.

PDIP berencana membuka komunikasi dengan partai lain menjelang Pemilu 2024. PDIP lantas menugaskan Puan untuk memimpin rombongan PDIP dalam safari politik tersebut.

Apa kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo terkait pertemuan Ketua DPP PDIP Puan Maharani dengan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh?  ”Semua sehat, rukun, makmur, bangsa ini bekerja," kata Ganjar, Senin (22/8/2022).

Tapi sayangnya, Ganjar enggan menanggapi ketika ditanyai soal kemungkinan dirinya dibahas dalam pertemuan Puan Maharani dengan Surya Paloh. Terlebih, NasDem pun merekomendasikan Ganjar sebagai salah satu capres.

"Ya enggak gimana-gimana, mudah-mudahan semuanya sehat," kata Ganjar. Ganjar juga enggan menanggapi soal kemungkinan NasDem dan PDIP menjalin koalisi untuk mengusung dirinya sebagai calon presiden di Pilpres 2024 mendatang. "Itu kan kesimpulanmu," cetusnya. 

Ganjar hanya mengatakan bahwa pertemuan Puan dan Surya Paloh bukan hal yang aneh. Lazim jika pimpinan partai politik saling bertemu dan berdiskusi. Untuk diketahui, nama Ganjar Pranowo kokoh di posisi teratas dalam hasil survei terbaru Calon Presiden (Capres) yang dirilis Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) pada Agustus 2022.

Dalam beberapa simulasi terbuka maupun tertutup, politikus PDIP itu mengalahkan dua pesaingnya di posisi kedua dan ketiga, yakni Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

Dalam simulasi terbuka, Ganjar bahkan unggul dari Presiden Joko Widodo. Ia berada di posisi teratas andai Pemilihan Presiden (Pilpres) digelar saat ini dengan elektabilitas mencapai 17,6 persen.

Di bawah Ganjar ada Prabowo Subianto dengan 12,6 persen, Jokowi dengan 12,5 persen, Anies 9,1 persen dan Ridwan Kamil dengan 4,3 persen.

"Dalam jawaban spontan, sekitar 32,4 persen warga belum tahu calon presiden yang mau dipilih. Ganjar mendapat suara terbanyak 17,6 persen, selanjutnya Prabowo 12,6 persen, Jokowi 12,5 persen, Anies Baswedan 9,1 persen, Ridwan Kamil 4,3 persen, dan calon-calon lain di bawah 2 persen," demikian dikutip dari rilis SMRC, Senin (22/8/2022).

Dalam simulasi itu, elektabilitas Ganjar terus menanjak seiring penurunan elektabilitas Jokowi dalam beberapa survei terakhir sejak Mei 2021. Dengan tren tersebut, SMRC menduga dukungan spontan dari Jokowi pindah ke Ganjar.

Kemudian dalam simulasi tertutup lima nama, Ganjar juga mengungguli nama-nama lain seperti Prabowo, Anies, Airlangga Hartarto, dan Puan Maharani. Elektabilitas Ganjar berada di angka 30,1 persen, Prabowo 27,7 persen, dan Anies 20,7 persen. (tim redaksi)


#capres
#pertemuanpolitik
#suryapaloh
#nasdem
#puanmaharani
#pdip
#ganjarpranowo

Tidak ada komentar