Breaking News

Presiden Joko Widodo Dijadwalkan ke IKN, Siap-Siap Groundbreaking

Presiden Joko Widodo saat berkemah di IKN Maret lalu (ist) 

WELFARE.id-Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dikabarkan akan kembali mengunjungi Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dalam waktu dekat ini. Hal itu disampaikan Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Isran Noor. Ia menerangkan, rencananya pada pertengahan Agustus ini Presiden Jokowi akan melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking di titik nol Istana Negara di IKN. 

Hanya saja, dirinya belum mengetahui pasti tanggal berapa Presiden akan datang. “Ya, tanggal sih belum pasti. Namun, yang jelas pertengahan Agustus ini. Bisa sebelum 17 Agustus atau sesudahnya," ungkapnya, dikutip Jumat (5/8/2022). 

Soal progres pembangunan istana, Isran enggan berkomentar lantaran bukan kewenangannya. Menurut dia, itu ranah Badan Otorita IKN. "Saya tidak punya kewenangan menjelaskan itu karena itu ada badan Otorita yang melaksanakan. Tapi, itulah informasi yang saya sampaikan," tandasnya. 

Sementara itu, Plt Bupati PPU Hamdam mengatakan bahwa saat ini pembangunan infrastruktur di IKN telah dimulai. Beberapa material telah didistribusikan di kawasan pembangunan IKN. 

Bahkan, pihaknya melakukan sistem buka tutup jalan antara poros Samboja dan Sepaku. "Bukan ditutup, tapi kita pakai sistem buka tutup, yakni kendaraan yang diatas 35 ton itu tidak boleh melintas pagi sampai sore, hanya boleh malam. Karena khawatir mengganggu distribusi material ke IKN,” ungkapnya. 

Sebagai informasi, pada akhir bulan lalu Jokowi sempat menggelar rapat terbatas bersama Kepala Otorita Ibu Kota Negara Bambang Susantono di Kantor Presiden, Jakarta. Dalam keterangan pers saat itu, Bambang memang menyebut pembangunan IKN akan segera dimulai pada bulan ini, di mana pekerjaan infrastruktur dan bangunan inti sudah mulai dipersiapkan. 

Adapun bangunan inti yang dimaksud adalah mulai dari Istana Negara, Kantor Presiden, Kantor Wakil Presiden, Kantor DPR/MPR, Kantor Mahkamah Agung, hingga Kantor Kementerian Koordinasi. 

Menurut Bambang, nanti akan terlihat berbagai pekerjaan yang berhubungan dengan land consolidation, land clearing, dan pematangan tanah. Pekerjaan lain yang akan dimulai adalah akses-akses logistik. 

Sebagai catatan, land consolidation adalah kebijaksanaan pertanahan mengenai penataan kembali penguasaan dan penggunaan tanah serta usaha pengadaan tanah untuk kepentingan pembangunan untuk meningkatkan lingkungan dan pemeliharaan sumber daya alam dengan melibatkan partisipasi aktif masyarakat. 

Kemudian land clearing adalah proses pembersihan hingga penyiapan lahan untuk menjadi suatu tempat yang digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas. Tidak terbatas hanya untuk pemukiman saja, tetapi juga untuk pembangunan infrastruktur, pengembangan perkebunan dan pertambangan dan lainnya. 

Sedangkan pematangan tanah atau lahan adalah kegiatan penataan suatu lahan agar dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan dengan cara memotong dan/atau mengambil atau menimbun maupun membuang dan/atau memindahkan sebagian material yang ada. "Dengan harapan di tahun depan kita sudah mulai full scale dalam skala penuh untuk membangun infrastruktur-infrastruktur dan bangunan-bangunan inti," pungkasnya. (tim redaksi) 

#presidenri
#jokowidodo
#presidenjokowidodo
#presidenjokowi
#presidenjokowikeikn
#ikn
#groundbreaking
#groundbreakingikn

Tidak ada komentar