Breaking News

Prabowo Tak Masuk dalam Sembilan Capres Usulan PAN, Gerindra: Kami Legowo!

Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto. Foto: net

WELFARE.id-Tidak masuknya nama Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto dalam rekomendasi sembilan nama Calon Presiden (Capres) dari Partai Amanat Nasional (PAN), mendapatkan tanggapan dari DPP Partai Gerindra. 

Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengaku legowo karena nama ketum partainya  tak muncul dalam rekomendasi Capres dalam hasil Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PAN.

Untuk diketahui, PAN mendukung Prabowo yang maju pada Pilpres 2019 lalu. Saat itu, selain Partai Gerindra, PAN, PKS, dan Partai Demokrat mendukung pasangan Prabowo dan Sandiaga Uno saat melawan pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin.

Sebelumnya, PAN juga mendukung pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa yang saat itu Ketua Umum PAN bersama Partai Gerindra maju pada Pilpres 2014 tapi dikalahkan oleh pasangan Jokowi-Jusuf Kalla. 

 
Tapi usai Pilpres 2019, PAN bersama Partai Gerindra justru masuk ke koalisi pemerintah Jokowi-Ma'ruf.

”Itu lah demokrasi dan kita hormati," kata Dasco kepada wartawan di kompleks parlemen, Senin (29/8).

Dasco juga mengaku menghargai setiap usulan kader partai politik, apalagi dalam forum rakernas. Menurut dia, hal itu sah termasuk kemunculan nama Puan Maharani yang justru diusulkan kader PAN ketimbang nama Prabowo.

Menurut Dasco juga, usulan para kader dalam Rakernas PAN tak akan mengganggu komunikasi Partai Gerindra dengan partai berlambang matahari terbit tersebut. Dia menegaskan Gerindra memiliki komunikasi sangat baik dengan PAN.

Lantaran, Partai Gerindra sebagai rekan koalisi di parlemen. ”Biar bagaimana pun segala sesuatu kita harus berkomunikasi dn tentunya sebagai partner kita di DPR tidak ada masalah antara Partai Gerindra," cetusnya juga.

Sebelumnya, PAN memunculkan sembilan nama hasil rakernas partai tersebut yang digelar pada Sabtu (27/8/2022) lalu. Sembilan nama itu berasal dari tiga kluster, yakni ketua umum partai, teknokrat atau pengusaha, serta kepala daerah.

Kluster ketua umum partai yang diajukan merupakan tiga ketua umum Koalisi Indonesia Bersatu, yakni Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, dan Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa.

Sedangkan kluster teknokrat ada nama Erick Thohir. Lalu kluster kepala daerah yakni, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (tim redaksi)


#partaigerindra
#prabowosubianto
#pan
#rakernas
#namacaloncapres
#pemiluserentak2024

Tidak ada komentar