Breaking News

Peringati HUT RI, TNI AL Kibarkan 77 Bendera Merah Putih di Bawah Air

Peringatan HUT RI dengan pengibaran bendera di bawah air di Pulau Putri, Kepulauan Seribu, Jakarta, Rabu (17/8/2022). Foto: Antara

WELFARE.id-Beragam cara dilakukan untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI yang ke-77. Seperti yang dilakukan TNI Angkatan Laut (TNI AL) dengan menggelar pengibaran bendera di bawah laut secara serentak di 77 titik di berbagai wilayah laut di Indonesia.

"Ini peringatan Dirgahayu Kemerdekaan Republik Indonesia ala TNI Angkatan Laut yaitu melakukan pengibaran bendera di 77 spot di lautan nusantara," terang Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono, Rabu (17/8/2022).

Hari mengatakan kegiatan pengibaran Sang Saka Merah Putih di bawah laut adalah untuk menanamkan jiwa kebaharian kepada seluruh masyarakat terutama generasi muda.

"Kita ingin menggugah kembali Maritime Domain Awarenes, atau kepedulian kita terhadap lingkungan jati diri kita sebagai bangsa maritim," ujarnya.

Kegiatan pengibaran bendera di bawah laut tersebut dilakukan secara serentak di seluruh wilayah laut Indonesia mulai dari Sabang di sampai Merauke dan dari Ambalat hingga Pulau Rote.

Lebih lanjut dia juga mengatakan kegiatan penyelaman tersebut juga sebagai simbol kesiapan TNI Angkatan Laut dalam mengamankan dan menjaga kedaulatan Republik Indonesia.

Kegiatan pengibaran bendera di bawah laut oleh TNI Angkatan Laut tersebut juga turut tercatat di Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

”Rekor dunia, Piagam Museum Rekor Dunia Indonesia dengan bangga dan hormat kepada TNI Angkatan Laut atas penyelenggaraan pengibaran bendera merah putih terbanyak secara serentak di bawah air di dunia,” terang Direktur Marketing MURI Awan Rahargo usai penyerahan piagam di Pulau Putri, Kepualauan Seribu, Rabu (17/8/2022).

Untuk diketahui, untuk kegiatan tersebut, sebanyak 888 penyelam dari elemen TNI, Polri, pemerintah daerah, masyarakat, serta awak media juga turut dilibatkan dalam pengibaran bendera merah putih bawah air yang cukup fenomenal tersebut. (tim redaksi)

#hutkemerdekaan
#tniangkatanlaut
#tnial
#pengibaranbendera
#bawahlaut
#sabang-merauke

Tidak ada komentar