Breaking News

Pemilu Serentak 2024, KPU Kabupaten Tangerang Rekrut 1.515 Tenaga PPK/PPS

Ilustrasi Pemilu Serentak 2024. Foto: net

WELFARE.id-Meski Pemilu Serentak 2024 masih dua tahun lagi tapi berbagai persiapan hajatan pesta demokrasi lima tahunan itu terus dipersiapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tangerang.

Salah satunya, rencana akan merekrut tenaga untuk personel Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk menyukseskan gelaran Pemilu Serentak 2024 mendatang.

Sekretaris KPU Kabupaten Tangerang, Refa mengatakan total personel yang akan direkrut untuk proses Pemilu Serentak 2024 sebanyak 1.515 orang, dan penerimaan dilakukan pada akhir 2022 nanti.

”Untuk PPK dibutuhkan sebanyak 145 orang, PPS sebanyak 1.370 orang. Sedangkan personel Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) tergantung jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang dibutuhkan. Saat ini masih dalam pendataan," ujarnya. 

Dia juga menjelaskan, untuk tenaga PPK yang dibutuhkan di setiap kecamatan sebanyak lima orang, personel PPS lima orang di setiap desa/kelurahan, dan KPPS terdiri dari lima orang dan dua orang linmas (perlindungan masyarakat) di setiap TPS.

Adapun untuk honor yang akan diterima  personel PPK, kata dia, bagi ketua sebesar Rp2,5 juta dan anggota Rp2,3 juta per orang. Personel PPS untuk ketua Rp1,5 juta dan anggota Rp1,3 juta per orang, sekretaris Rp1,150 juta, pelaksana teknis Rp1,05 juta serta petugas pemutakhiran data Rp1 juta.

”Sedangkan bagi  ketua KPPS diberikan honor sebesar Rp1,2 juta, anggota Rp1,1 juta dan pengaman TPS sebesar Rp700 ribu," ujar Refa lagi, Kamis (25/8/2022). 

Ia juga menyebutkan, untuk sementara ini pihaknya sedang melakukan proses verifikasi faktual data keanggotaan partai politik yang telah dinyatakan lolos dalam pendaftaran oleh KPU RI atau pusat.

"Saat ini sedang berjalan proses verifikasi faktual keanggotaan di setiap parpol. Langkah selanjutnya adalah persiapan Pemilu Serentak 2024 termasuk merekrut panitia PPK dan PPS," tandasnya. (tim redaksi)


#pemilu2024
#pemiluserentak2024
#kabupatentangerang
#kpukabupatentangerang
#pestademokrasi

Tidak ada komentar