Breaking News

Pelantikan Pj Gubernur 3 DOB di Papua Ditarget Desember 2022, Nama Calon Wewenang Presiden

Masyarakat Papua. Foto: Ilustrasi/ Dok.IDH

WELFARE.id-Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengesahkan pembentukan tiga Daerah Otonomi Baru (DOB) di Papua. Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menargetkan peresmian 3 provinsi baru Papua beserta pelantikan penjabat (Pj) gubernurnya digelar sebelum Desember 2022.

"Kita harapkan sebelum Desember sudah ada," kata Wamendagri John Wempi Wetipo saat menghadiri acara Deklarasi Kesiapsiagaan Nasional yang digelar BNPT di Jakarta Pusat, Kamis (4/8/2022). Wempi mengatakan, saat ini pihaknya masih merumuskan persiapan peresmian dan pelantikan tiga penjabat gubernur di provinsi baru Papua. 

Ia pun berharap agar peresmian dan pelantikan penjabat gubernur itu bisa digelar di Papua dan dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi). "Kita meminta dari tim kita bagaimana Bapak Presiden hadir di salah satu titik, katakanlah di Merauke. 

Merauke jadi tempat untuk dipusatkan peresmian tiga DOB yang baru. Sekaligus pelantikan Pj dipusatkan di sana. Harapan kami begitu. Sehingga kita ingin terlebih dahulu melaporkan ke Pak Mendagri. Nanti beliau yang melaporkan ke Pak Presiden dengan kesiapan yang akan kita lakukan," papar dia.

Mengenai alasan pelantikan di Papua, ia mengatakan, agar masyarakat di sana yakin, bahwa pembentukan DOB ini guna kesejahteraan masyarakat Papua. "Sehingga gaungnya itu lebih baik bahwa DOB yang hadir ini untuk kesejahteraan rakyat Papua sesuai dengan revisi otsus yang dilaksanakan. Bahwa kehadiran DOB untuk mengangkat harkat derajat martabat orang Papua," harapnya.

Ditanya mengenai nama-nama calon Pj gubernur, ia mengaku belum ada. Menurutnya, penunjukkan Pj gubernur DOB Papua merupakan kewenangan Presiden Jokowi.

"Ini kan tugas Pak Presiden, Pak Presiden tunjuk siapa, kan Kemendagri sebagai mengatur regulasi kita siap untuk jalan," ungkap Wempi. Selain itu, ia juga menjelaskan soal jadwal pembuatan APBD mini untuk tiga DOB tersebut.

Rencananya, APBD mini itu dipakai untuk tiga DOB tersebut hingga proses peresmian pada Desember 2022. Setelah itu, Pj gubernur bakal menyusun kembali APBD bagi tiga DOB tersebut.

Sehingga nantinya tiga DOB Papua tersebut sudah memiliki kantor pemerintahan dan perangkat kerja sebelum pemilihan Gubernur 2024 mendatang. "Sehingga pejabat gubernurnya dilantik, kantornya sudah ada. 

Kemudian perangkat-perangkatnya dibentuk kemudian kantor-kantornya juga sudah ada. Untuk mereka bisa bekerja dalam masa transisi dua tahun belum ada pemilihan Gubernur definitif dari hasil Pemilu," tuntasnya. (tim redaksi)

#dobpapua
#pelantikanpjgubernurpapua
#apbdmini
#persiapanperesmiandobpapua
#tigadobpapua
#kemendagri

Tidak ada komentar