Breaking News

Partai NasDem Tegas Tepis Isu Pamitan, Waketum: Kalau Bisa Malah Kita Usung Pak Jokowi 3 Periode

Ketua Umum NasDem Surya Paloh dan Presiden Joko Widodo dalam sebuah kesempatan. Foto: Istimewa/ Dok.Biro Setpres

WELFARE.id-Beberapa waktu lalu, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menemui Presiden Joko Widodo di Istana Negara. Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) yang juga kader Partai NasDem Johnny G Plate menegaskan, pertemuan keduanya membicarakan soal isu kebangsaan. 

Partai NasDem membantah isu pertemuan Ketum Surya Paloh dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka sebagai bentuk pamitan karena beda arah politik pada 2024. NasDem menyebut komunikasi dengan Jokowi baik, bahkan siap mengusung tiga periode jika memungkinkan.

"Pak Surya itu satu bulan paling tidak dua kali bertemu dengan Pak Jokowi. Pertemuan rutin itu tapi kemudian ditafsirkan pamitan. NasDem itu dengan Jokowi berkomitmen menjaga pemerintahan ini sampai 2024," kata Waketum NasDem Ahmad Ali di NasDem Tower, Jakarta Pusat, dikutip Rabu (24/8/2022).

Ali menyebut, dukungan NasDem untuk pemerintahan Jokowi berakhir pada 2024. Namun, jika undang-undang memungkinkan, NasDem akan kembali mengusung Jokowi untuk menjadi presiden kembali.

"Dari 2014 kami mengusung Pak Jokowi dan kontraknya sampai 2019. 2019 kami melakukan evaluasi ternyata Pak Jokowi kami anggap berhasil dalam membangun Indonesia, kemudian kami usung bersama koalisi sampai 2024. 

Terus 2024 apa urusannya dengan pemerintah hari ini. Karena kontrak yang kami buat kesepakatan politik usungan sampai tahun 2024," bebernya lagi.

Pada 2024 Pak Jokowi tidak mencalonkan diri lagi sebagai capres karena Undang-undang membatasi itu. "Kalau memungkinkan beliau tiga periode, kami pasti akan mengusung lagi. Tapi kalau hari ini Pak Jokowi lagi tidak usung terus hubungannya dengan pamitan apa," elaknya.

Soal isu NasDem pamit ke Jokowi menguat itu berdasarkan pengamatan Direktur Eksekutif Indostrategic Ahmad Khoirul Umam saat diskusi MNC Trijaya dengan tema 'Menakar Gagasan dan Visi Capres 2024', Sabtu (20/8/2022) lalu. Umam mendengar kabar Paloh bertemu dengan Jokowi di Istana.

"Informasi yang beredar, kemarin itu Pak Surya Paloh bertemu dengan Pak Presiden di Istana," ucapnya. Ia lantas mendapat kabar bahwa pertemuan Paloh dan Jokowi di Istana sebagai bentuk pamitan NasDem ke Jokowi karena akan beda arah politik di 2024. 

Namun, di sisi NasDem menegaskan bahwa pertemuan Paloh dan Jokowi hal rutin dan biasa. "Muncul sejumlah informasi bahwa pertemuan tersebut, meskipun diklaim teman-teman dari NasDem itu sebuah pertemuan rutin, tetapi konon kabarnya itu sebuah pertemuan yang menyampaikan sejumlah informasi yang cukup valid. Intinya adalah sebagai bentuk pamitan secara politik sebagai penegasan dari titik beda dari arah perjuangan menuju di 2024," bebernya. (tim redaksi)

#partainasdem
#ketumpartainasdem
#suryapaloh
#presidenjokowidodo
#pemilu2024
#isupamitanpartanasdem
#wacanajokowitigaperiode

Tidak ada komentar