Breaking News

Pangan Alternatif Favorit Jokowi, Berikut 4 Manfaat Sorgum bagi Tubuh

Sorgum. Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-Presiden Joko Widodo secara terang-terangan mendukung program pengembangan sorgum sebagai pangan alternatif selain beras. Pasalnya, sorgum diklaim jauh lebih unggul dalam hal nilai gizi.

Data Departemen Kesehatan RI mencatat, sorgum memiliki kandungan protein, kalsium, zat besi, fosfor, dan vitamin B1 yang lebih tinggi dibanding beras. Sorgum juga diklaim baik dikonsumsi penyandang diabetes lantaran kandungan gulanya yang cukup rendah. 

Bagi mereka yang sedang diet, maka sorgum ini juga bisa menjadi pilihan yang paling pas untuk bersantap yang ideal. Sebab, konsumsi sorgum perut akan terasa kenyang lebih lama karena kandungan seratnya yang tinggi.

Tak heran, kalau Presiden Jokowi meminta agar tanaman lain seperti sorgum dan jagung menjadi prioritas sebagai bahan pangan masyarakat. Bahkan Presiden Joko Widodo meminta agar pengembangan tanaman sorgum sebagai pengganti gandum dipercepat.

Soal harga, saat ini tepung singkong dan sagu harganya sekitar Rp9.000, sementara terigu berada di kisaran Rp12.000 per kg. Tentunya, tepung sorgum yang bersifat gluten free ini akan membuat produk ini menjadi premium di pasar. 

Bak gayung bersambut, PT Indofood Sukses Makmur Tbk juga berencana mengembangkan sorgum sebagai alternatif gandum untuk membuat mi instan. Menurut Direktur PT Indofood Sukses Makmur Tbk Fransiscus Welirang, sorgum adalah tanaman asli Indonesia yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan pangan nasional.

"Kita dengan Pak Mentan memperbincangkan banyak hal. Tapi intinya bagaimana kita saat ini bisa mengembangkan bahan baku lokal seperti sorgum. Jadi, nanti ada program pengembangan tanaman sorgum bersama-sama," ujar Franky, dikutip Jumat (19/8/2022).

Sorgum adalah jenis tanaman yang bijinya bermanfaat sebagai pakan ternak, bahan dasar energi biodiesel, dan bahan pangan. Tanaman sorgum ini berasal dari benua Afrika, namun kini sudah bisa dibudidayakan di Indonesia.

Biji sorgum atau cantel memiliki bentuk seperti jagung, namun dengan ukurannya yang cenderung lebih kecil. Sebagai makanan, sorgum ini bisa diolah menjadi sereal, bubur, tepung, roti, kue, hingga sirup. 

Kandungan utama sorgum terdiri atas karbohidrat, protein, lemak, serat, dan mikonutrien. Komponen mikronutrien penyusunnya di antaranya adalah vitamin, mineral, dan antioksidan membuat sorgum kaya nutrisi. 

Berdasarkan fakta gizi yang terdapat dalam laman Data Komposisi Pangan Indonesia, sorgum dengan berat 100 gram memiliki komposisi gizi sebagai berikut:

- Energi: 366 Kalori (Kal)
- Protein: 11 g
- Karbohidrat: 73 g
- Lemak: 3.3 g
- Serat: 1.2 g
- Vitamin B1 (tiamin): 0,09 miligram (mg)
- Vitamin B2 (riboflavin): 0,14 mg
- Niasin: 2.8 mg
- Besi: 4.4 mg
- Fosfor: 287 mg
- Kalium: 249 mg

Ini manfaat sorgum

Jika dikonsumsi secara rutin, kamu bisa memperoleh berbagai manfaat sorgum untuk kesehatan tubuh berkat kandungan gizi yang ada di dalamnya:

1. Menjaga kadar gula darah

Sorgum adalah biji-bijian utuh yang tersusun dari zat-zat dengan struktur kompleks seperti pati, serat, asam fenolat, dan antioksidan. Hal inilah yang membuat cantel sulit terurai saat dicerna sehingga tidak cepat dilepas menjadi glukosa. Itu artinya, sorgum aman dimakan oleh penderita diabetes karena bermanfaat dalam mengontrol kadar gula darah supaya tetap normal.

2. Mengatasi penyakit celiac

Salah satu khasiat utama dari sorgum adalah aman dimakan oleh penderita penyakit Celiac. Mengingat penyebab utama penyakit ini adalah gluten, yaitu protein yang umumnya terkandung pada tepung. Sedangkan sorgum adalah sumber kalori bebas gluten, sehingga sorgum dapat menjadi alternatif makanan pokok untuk mereka yang sensitif terhadap kandungan protein tersebut.

3. Menjaga kadar kolesterol

Sorgum yang mengandung zat lipid yaitu policosanol yang dapat menghambat sintesis kolesterol berlebih di dalam tubuh, dapat menurunkan kadar kolesterol (plasma non-HDL) dalam darah secara signifikan. Sehingga sorgum berkhasiat dalam menjaga agar kolesterol tidak cepat naik.

4. Menurunkan berat badan

Kandungan pati pada sorgum juga memiliki susunan yang lebih kompleks dibandingkan dengan biji-bijian lainnya. Ditambah lagi, sorgum memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga tidak cepat dicerna oleh tubuh setelah dikonsumsi. Sifat sorgum inilah yang bermanfaat jika kamu sedang menjalani diet atau program menurunkan berat badan. (tim redaksi)

#sorgum
#tanamansorgum
#khasiatsorgumbagikesehatan
#manfaatsorgumbagitubuh
#kayaserat
#alternatifgandum
#panganalternatif
#diet

Tidak ada komentar