Breaking News

Mikhail Gorbachev, Mantan Presiden Uni Soviet Terakhir Berpulang

Mikhail Gorbachev semasa hidup. Foto: AFP

WELFARE.id-Mantan Presiden Uni Soviet (kini Rusia) Mikhail Gorbachev dikabarkan meninggal dunia pada usia 91 tahun. Gorbachev yang pernah menjadi salah satu orang terkuat di dunia saat menjabat Presiden Uni Soviet dari 1985 hingga 1991.

Gorbachev diberitakan meninggal dunia oleh kantor berita Rusia dan alasan meninggalnya adalah karena telah lama sakit. Gorbachev dikabarkan akan dimakamkan di Pemakaman Novodevichy Moskow, tepat di sebelah makam istrinya yaitu Raisa yang meninggal dunia pada 1999 silam.

Untuk diketahui, Gorbachev bisa mengakhiri perang dingin antara Rusia dan Amerika Serikat bersama sekutunya masing-masing tanpa pertumpahan darah, tetapi gagal dalam mencegah runtuhnya kekuasaan Uni Soviet.

Ia merupakan pemimpin atau presiden terakhir dari Uni Soviet ang menjalin sebuah kesepakatan pengurangan senjata pemusnah massal dengan Amerika Serikat serta kemitraan dengan kekuatan barat menghapus Tirai Besi yang membagi Eropa sejak terjadinya Perang Dunia II. 

Selain itu, Gorbachev juga berhasil mewujudkan reunifikasi Jerman yang saat itu terbagi dua yakni Jerman Timur dan Jerman Barat. 

Presiden Rusia saat ini, Vladimir Putin juga turut bersedih dan berduka atas meninggalnya mantan Presiden era Uni Soviet tersebut.

Untuk diketahui, Mikhail Gorbachev yang bernama lengkap Mikhail Sergeyevich Gorbachev lahir di Privolnoye, Uni Soviet (Rusia) pada 2 Maret 1931. Ia lahir dari keluarga petani.

Pada tahun 1950, Gorbachev belajar di fakultas hukum Universitas Negeri Moskwa dan diterima tanpa mengikuti ujian. Ia pun lulus dengan gelar sarjana hukum pada 1955.

Setelah itu, Gorbacev menduduki beberapa jabatan di organisasi partai regular di Stavropol. Gorbachev mempunyai seorang anak bernama Irina Mikhailovna Virganskaya dari istri yang ia nikahi pada 1953 yaitu seorang aktivis Raisa Gorbachev. 

Dalam dunia politik, Gorbachev pernah menjabat sebagai Sekjen Partai Komunias Uni Soviet (CPSU) dari 1985 sampai 1991. Ia pun menjabat presiden Uni Soviet dari 1990 hingga 1991 dan menjadi presiden pertama dan terakhir dari Uni Soviet. (tim redaksi)

#beritaduka
#obituari
#mikhailgorbachev
#mantanpresiden
#unisoviet
#rusia

Tidak ada komentar