Breaking News

Mengenal Ragam Oleh-Oleh Khas Balikpapan

Olahan kepiting (instagram @kepitingdandito)

WELFARE.id-Berencana atau sedang berada di Balikpapan? Dan bingung ingin membeli oleh-oleh apa? Nah, jangan bingung, karena di kota yang terletak di Kalimantan Timur ini ada banyak pilihan oleh-oleh. 

Berikut beberapa pilihannya : 

1. Olahan Kepiting khas Balikpapan 

Balikpapan merupakan salah satu daerah penghasil kepiting bakau yang sangat besar. Tidak heran jika kepiting bakau menjadi salah satu oleh-oleh khas Balikpapan. Terdapat banyak olahan kepiting yang dijajakan di kota ini yang dapat anda bawa sebagai oleh oleh khas Balikpapan untuk keluarga. Salah satu restoran yang terkenal karena menyajikan kepiting adalah Kepiting Dandito.

Kepiting ini dapat bertahan cukup lama, jadi kamu tidak perlu khawatir untuk membawanya pulang. Ada beberapa rasa olahan kepiting, seperti kepiting lada hitam, kepiting saus tiram, kepiting tauco, kepiting goreng mentega, dan kepiting saos special. Jadi anda dapat memilih rasa mana yang paling disukai anda dan keluarga anda. 

2. Bingka khas Balikpapan 

Kemudian Balikpapan juga memiliki beberapa jajanan khas yang dapat anda bawa pulang untuk cemilan keluarga di rumah. Salah satu jajanan khas adalah Bingka. Bingka sendiri merupakan kue yang terbuat dari bahan dasar kentang. Mungkin jajanan ini tidak tahan lama, jadi jika anda berada di tempat yang jauh dari rumah sebaiknya jajanan ini anda beli ketika hendak pulang. 

Masyarakat Balikpapan semakin menjadi kreatif, belakangan ini jajanan Bingka sudah memiliki beberapa varian rasa yang dapat anda pilih sesuai selera. Rasa Bingka yang manis akan membuat anda ketagihan. Jika anda datang ke Balikpapan dan tidak mencoba Bingka, rasanya sangat disayangkan. 

3. Mantau dari Balikpapan 

Mantau atau yang lebih dikenal dengan nama roti span adalah salah satu oleh oleh khas Balikpapan yang recommended untuk anda beli jika mampir ke kota minyak ini. 

Mantau sendiri sebenarnya jajanan khas dari etnis tionghoa, tetapi sudah banyak warga Balikpapan yang membuat dan menjadikannya sebagai jajanan yang khas di Balikpapan. 

Roti kukus ini umumnya memiliki ukuran sebesar kepalan tangan manusia. Selain itu, penyajian makanan ini pun terbilang unik. Umumnya, roti kukus Mantau ini akan diolah dengan cara digoreng. 

4. Amplang Ikan 

Amplang ini merupakan sejenis kerupuk yang memiliki cita rasa dan aroma ikan khas Kalimantan. Daging ikan yang biasa digunakan dalam membuat Amplang ini adalah ikan belida atau ikan pipih, ikan gabus (haruan) dan ikan tenggiri. Makanan satu ini akan sangat mudah kamu temukan di banyak toko oleh-oleh di sepanjang jalan Kota Balikpapan. 

5. Tas Manik 

Balikpapan tidak hanya memiliki kuliner yang enak dan menarik saja, di Balikpapan juga memiliki banyak oleh-oleh aksesoris yang unik dan menarik. Salah satunya yaitu ada tas manik. Tas manik ini sangat populer di Balikpapan. Tas unik dengan berbagai desain yang menarik ini cocok untuk jadi oleh-oleh Balikpapan yang bisa kamu bawa pulang. Selain itu, kamu juga bisa membeli banyak untuk dibagikan kepada tetangga atau keluargamu nantinya. 

6. Souvenir Suku Dayak 

Oleh-oleh yang unik dan menarik selanjutnya di Balikpapan adalah souvenir Suku Dayak. Souvenir ini bisa kamu jadikan sebagai oleh-oleh khas Balikpapan dan bisa kamu bagikan kepada orang-orang terdekatmu. Souvenir Suku Dayak yang bisa kamu bawa pulang antara lain sepert ikat kepala, gelang, kipas dan peci. Beragam souvenir Suku Dayak ini bisa kamu temukan di pasar tradisional dengan harga yang cukup terjangkau. 

7. Onde-Onde Ubi Ungu Rekomendasi oleh-oleh selanjutnya ini adalah Onde-onde ubi ungu. Olahan ubi ini diolah menjadi cemilan berupa onde-onde manis yang berbalut taburan wijen yang pastinya enak. Cemilan khas Balikpapan ini wajib kamu bawa pulang ketika berkunjung karena rasanya yang enak dan cemilan ini pun termasuk makanan khas Balikpapan yang paling digemari oleh para wisatawan. (tim redaksi) 

#oleholeh
#balikpapan
#oleholehkhasbalikpapan
#culinary
#kalimantantimur
#pesonaindonesia

Tidak ada komentar