Breaking News

Lokasinya di Matraman, DKI Jakarta Bakal Miliki Kawasan Kuliner Halal Pertama

Ilustrasi makanan halal yang wajib disantap umat muslim. Foto: net

WELFARE.id-Tidak lama lagi, Jakarta bakal memiliki kawasan kuliner halal. Pembuatan kawasan kuliner halal itu digagas Badan Amiz Zakat Nasional atau Baznas (Bazis) DKI Jakarta.

Kawasan kuliner halal itu berlokasi di kawasan Matraman, Kelurahan Pegangsaan, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat. Lokasi tepatnya di dekat Masjid Matraman yang penuh sejarah.

Ketua Bazis SKI Jakarta Ahmad Abubakar mengatakan kalau kawasan ini akan menjadi destinasi wisata kuliner halal pertama di Kota Jakarta. Nantinya, kawasan itu akan melibatkan 42 UMKM.

"Pelibatan UMKM ini penting, karena memberikan dampak positif dalam membangun perekonomian masyarakat. Kawasan kuliner halal ini diharapkan akan menjadi daya tarik warga untuk berkunjung, karena menyajikan makanan dan minuman yang halal," terangnya, Jumat (26/8/2022).

Dalam rangka persiapan menjadi kawasan halal, seluruh UMKM yang akan menawarkan produknya di area tersebut, telah mendapatkan bimbingan teknis sertifikasi halal yang diberikan oleh LPPOM MUI DKI Jakarta.

Sementara itu, Direktur LPPOM MUI Jakarta  Deden Edi menyatakan, kegiatan pelatihan atau Bimtek sertifikasi halal ini tujuannya untuk membimbing dan membina para UMKM. 

Salah satunya, agar mereka dapat mengikuti regulasi sehubungan dengan kehalalan produk yang dipasarkan.

"Di samping tujuannya membuat kawasan halal, penerapan sertifikat halal ini adalah dalam rangka memenuhi aturan UU No 33 tahun 2014, makanan dan minuman yang beredar di Indonesia wajib bersertifikasi halal," ujar pria yang juga menjabat sebagai Ketua Bidang Pemberdayaan Ekonomi Umat MUI DKI Jakarta. (tim redaksi)


#makanan
#kuliner
#kawasanhalal
#matraman
#baznasdkijakarta
#pemprovjakarta

Tidak ada komentar