Breaking News

Lokasi Destinasi Wisata Domestik yang Paling Diminati Generasi Milenial

Salah satu destinasi pantai yang ada di Pulau Bali. Foto: net

WELFARE.id-Usai terkungkung nyaris dua tahun dilanda pandemi COVID-19, kini kasus virus Corona sudah melandai meski penularan masih saja terus terjadi.

Masyarakat pun kini kembali ke kehidupan normal, salah satunya dalam memilih liburan. Generasi muda atau generasi milenial cenderung mencari tempat berlibur yang dekat dari rumah. Hal itu menyebabkan destinasi wisata domestik menjadi pilihan favorit saat ini.

Senior Public Relations Manager tiket.com Sandra Darmosumarto mengatakan karena pandemi Corona orang-orang sukanya liburan yang dekat dengan rumahnya. 

”Lebih banyak yang melakukan staycation, ada juga dulu sempat tren istilah Work From Bali itu juga masih terjadi sampai sekarang. Bali pun di saat sesudah pandemi ini masih jadi tujuan wisata favorit generasi milenial," terang Sandra.

Selain Bali kota-kota lain yang terpantau mengalami peningkatan kunjungan wisatawan yang berlibur adalah Bandung, Jogjakarta, dan Belitung.

Jika membicarakan lima destinasi pariwisata super prioritas atau DPSP yang disiapkan oleh pemerintah, rupanya dua di antaranya cukup menjadi pilihan teratas.

Adapun dua destinasi wisata DPSP yang menjadi paling banyak dikunjungi oleh wisatawan dari generasi muda ialah Mandalika dan Labuan Bajo.

"Di tempat-tempat wisata itu generasi muda ini tidak cuma berlibur, tapi memanfaatkan waktunya untuk melakukan hobinya. Misalnya bersepeda hingga bermeditasi," papar Sandra juga.

Lebih lanjut, berkat masifnya penggunaan media sosial  (medsos) yang berhasil mengungkap lokasi-lokasi wisata domestik baru, terjadi peningkatan juga di beberapa destinasi wisata baru seperti desa wisata di kawasan Mandalika saat momen MotoGP Mandalika berlangsung.

Desa-desa wisata pun akhirnya bisa semakin dikenal oleh masyarakat luas dan menjadi pilihan alternatif dalam memberikan pengalaman liburan yang mengesankan.

Sementara itu, Public Policy and Government Relations TikTok Indonesia Agung Pamungkas juga menyebutkan aplikasi TikTok juga melihat bahwa masyarakat di Tanah Air khususnya generasi muda memang kerap membuat konten-konten wisata yang unik seperti pengungkapan ’hidden gem’.

Tidak heran jika akhirnya banyak destinasi-destinasi wisata baru di Indonesia yang terungkap dan akhirnya menjadi pilihan masyarakat untuk berlibur.

”Jadi kalau bicara konten wisata, selain rekomendasi kuliner khas itu kreator konten juga sering membagikan rekomendasi wisata baru yang istilahnya kita kenal sebagai 'hidden gem'. Jadi dengan adanya rekomendasi itu orang-orang semakin banyak pilihan dan wisata di Indonesia makin terkenal," paparnya. (tim redaksi)


#pariwisata
#destinasiwisata
#lokasiwisatabaru
#generasimilenial
#bali
#bandung
#jogjakarta

Tidak ada komentar