Breaking News

KPU Sudah Terima 18 Berkas Pendaftaran Parpol, 5 Dinyatakan Belum Lengkap

Gedung KPU. Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menerima permohonan pendaftaran peserta Pemilu 2024 dari 18 partai politik. Dari total 18 permohonan itu, 13 partai dinyatakan telah melengkapi berkas. 

Sedangkan 5 partai di antaranya masih dalam pengecekan berkas. "Dokumen Partai Hati Nurani Rakyat atau Hanura itu dinyatakan lengkap, selanjutnya untuk Partai Gerakan Indonesia Raya atau Gerindra dokumen pendaftarannya dinyatakan lengkap, ketiga, Partai Kebangkitan Bangsa dokumen pendaftaran dinyatakan lengkap," kata Komisioner KPU Idham Holik di Kantor KPU RI, Jakarta, dikutip Rabu (10/8/2022).

Sementara itu, lima partai lainnya dinyatakan belum melengkapi berkas. Mereka diminta untuk melengkapi berkas hingga akhir masa pendaftaran, yaitu 14 Agustus 2022.

Pada saat yang sama, KPU melakukan verifikasi administrasi terhadap partai-partai politik yang telah melengkapi berkas. KPU juga telah menerima surat dari sejumlah partai politik lain yang berencana mendaftar. Partai Golkar, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) akan mendaftar hari ini.

Partai Bhinneka Indonesia (PBI), Partai Buruh, Partai Suara Rakyat Indonesia, dan Partai Ummat akan mendaftar pada Jumat (12/8/2022). Partai Damai Kasih Bangsa (PDKB) akan mendaftar pada hari terakhir.

Berikut daftar partai politik yang telah mendaftar sebagai peserta Pemilu Serentak 2024:

Berkas lengkap
1. PDIP
2. PKP
3. PKS
4. Perindo
5. Partai NasDem
6. PBB
7. PKN
8. Partai Garuda
9. Demokrat
10. Gelora
11. Gerindra
12. PKB
13. Partai Hanura

Berkas belum lengkap
1. Partai Reformasi
2. Prima
3. Pandai
4. PDRI
5. Partai Republiku
(tim redaksi)

#kpu
#komisipemilihanumum
#pendaftaranparpol
#partaipolitik
#parpol
#berkaspendaftaran
#pesertapemilu2024
#pemilu2024

Tidak ada komentar