Breaking News

Korsel Dilanda Banjir Hebat, KBRI: 36.399 WNI Aman

Banjir bandang di Seoul, Korea Selatan. Foto: Istimewa/ Net

WELFARE.id-Banjir hebat landa Ibu Kota Korea Selatan, Seoul, Senin (8/8/2022) waktu setempat. Hujan terus menerus menyebabkan banjir besar yang menewaskan 7 orang.

Terkait banjir bandang hebat yang melanda Korea Selatan (Korsel), Kedutaan Besar RI (KBRI) di Seoul ungkap situasi terkini warga Negara Indonesia (WNI) di sana. KBRI mengungkap kondisi WNI melalui pesan singkat yang disampaikan oleh Direktorat Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia Kementerian Luar Negeri RI di Jakarta, dikutip Rabu (10/8/2022).

Bencana banjir menenggelamkan beberapa wilayah di Korea Selatan, antara lain, Incheon, Seoul, serta sebagian daerah di Provinsi Gyeonggi dan Gangwon. KBRI Seoul telah mengupayakan koordinasi intensif bersama pemangku kebijakan di daerah terdampak, serta berkomunikasi dengan simpul-simpul masyarakat Indonesia di Korea Selatan.

Dari pencatatan terbaru, KBRI Seoul mengatakan ada sekitar 36.399 orang WNI yang kini menetap di Korea Selatan. Dari jumlah tersebut, sejauh ini KBRI memastikan tidak ada satu pun WNI yang terdampak langsung banjir dahsyat Korea Selatan itu.

Meski begitu, KBRI tetap mengimbau semua warga Indonesia yang tinggal di Korsel, supaya terus memantau informasi, situasi, dan pengarahan dari otoritas setempat. Bantuan dan informasi lebih lanjut, KBRI melanjutkan, bisa diakses lewat hotline KBRI Seoul di nomor kontak +82 10-5394-2546.

Tinggi banjir rata-rata mencapai perut orang dewasa, merendam mobil, gedung, perumahan, dan sejumlah properti lainnya. Sebelumnya, BMKG Korea Selatan telah memberi peringatan mengenai hujan deras yang akan mengguyur wilayah Seoul, Incheon Barat, Provinsi Gyeonggi Utara yang mengelilingi Seoul dan Provinsi Gangwon Utara.

Menurut prediksi dari BMKG Korea Selatan, hujan tersebut masih akan berlangsung dalam beberapa hari ke depan. Peristiwa ini disebut-sebut sebagai hujan terbesar yang melanda Seoul dalam 80 tahun terakhir. (tim redaksi)

#banjirbandang
#banjirdikorsel
#korselkebanjiran
#banjirdiseoul
#korbantewas
#kbri
#wni

Tidak ada komentar