Breaking News

Kompak Bawa Wastra Nusantara, 6 Desainer Indonesia Siap Pukau Publik New York Fashion Week

Desainer Indonesia bakal unjuk gigi di pekan mode dunia, New York Fashion Week : The Shows S/S 2023. Foto: Istimewa

WELFARE.id-Enam desainer Indonesia bakal unjuk gigi di pekan mode dunia, New York Fashion Week: The Shows S/S 2023. Sebagai "wajah" Indonesia, para desainer kompak bakal menonjolkan keindahan lima pulau di Indonesia.

Enam desainer tersebut adalah Coreta Louise dengan wastra dari Sulawesi Utara, Heaven Lights menonjolkan keindahan Tanah Papua, lalu ada Alleira Carys Cares X Amero Jewellery X Syu Shu by Vicky Shu yang menghadirkan koleksi bermotif nuansa khas Bali. Lalu ada brand Spous by Priyo Oktaviano yang juga menampilkan keindahan Bali lewat tenun endek.

Dua desainer terakhir lainnya adalah Kimberly Tandra dengan brand Suedeson yang terinspirasi dari percampuran leluhurnya yang merupakan gabungan antara Jawa Timur dengan Tanimbar, Maluku Tenggara Barat, serta desainer Vivi Zubedi yang kali ini berkolaborasi dengan Dekranasda Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

Dalam trunk show "Indonesia Now Road to New York Fashion Week Spring Summer 2023" yang dihelat di Hutan Kota Plataran GBK Jakarta, Kamis (25/8/2022), semua koleksi menampilkan ciri khas sang desainer masing-masing. Namun, satu benang merah yang bisa dilihat adalah wastra Nusantara bisa diolah sedemikian rupa sehingga terlihat lebih global karena 'international look'.

Keindahan wastra nusantara itu bakal dengan bangga dipersembahkan untuk publik dunia pada 11 September 2022 di Springs Studios, New York. Bahkan, 10 koleksi dari masing-masing desainer ini berhasil meng-highlight wastra Nusantara dengan sangat elok.

Misalnya saja, koleksi Dekranasda Banjarbaru X Vivi Zubedi yang mana menghadirkan keindahan kain Sasirangan khas Banjarbaru dipadukan dengan material katun polos yang indah. Permainan aksesori juga diperlihatkan dengan cukup apik dan sangat kekinian.

Tak kalah menarik perhatian, adalah koleksi dari Spous by Priyo Oktaviano. Sang desainer berhasil mengolah kain tenun endek Bali menjadi item fashion yang sangat young dan dinamis. Permainan warna neon menjadi kekuatan utama dari koleksi bertema "Childhood" tersebut.

Ibu Duta Besar Republik Indonesia untuk Amerika Serikat Ayu Heni Rosan mengaku bangga bisa melihat wastra nusantara unjuk gigi di ajang fashion bergengsi. "Peluang desainer Indonesia masuk ke pasar dunia, termasuk Amerika Serikat, sangat terbuka lebar. 

Ekspor Indonesia ke AS terutama produk tekstil pun terus meningkat dan saat ini AS merupakan mitra dagang terbesar kedua setelah Tiongkok," akunya, dikutip Senin (29/8/2022).

Ia pun meyakini bahwa dengan strategi pemasaran yang tepat, karya dan produk Indonesia dapat menembus pasar AS. "Apalagi saat ini kualitas produk tekstil Tanah Air sudah sesuai dengan selera pasar Amerika Serikat," yakinnya. (tim redaksi)

#newyorkfashionweek2022
#enamdesainerindonesia
#wastranusantara
#produktekstilindonesia
#pasaramerikaserikat
#gelaranfashionshow
#produkindonesia
#keindahannusantara

Tidak ada komentar