Breaking News

Kibarkan Bendera, Pasukan Iran dan Polisi Taliban Saling Tembak di Perbatasan

Pejuang Taliban terlibat baku tembak dengan penjaga perbatasan Iran di Provinsi Nimroz, Rabu (1/12/2021) lalu. Foto: RFE/RL

WELFARE.id-Saling tembak terjadi antara pasukan penjaga perbatasan Iran dengan pasukan Taliban, Minggu (31/7/2022). Bentrikan itu terjadi di perbatasan Iran dengan Afghanistan. 

Kerusuhan antara dua pasukan negara bertetangga itu terjadi usai polisi Taliban mengibarkan bendera negaranya di wilayah yang bukan Afghanistan. Akibat terjadi bentrokan antar dua pasukan ini dan terlibat saling baku tembak.

”Bentrokan meletus pada sore hari antara pasukan penjaga perbatasan Iran dan Taliban menyusul kesalahpahaman di perbatasan dekat Provinsi Nimroz, Afghanistan,” bunyi laporan media Iran, Tasnim.

Menurut laporan sejumlah sumber lokal tersebut, imbas bentrokan itu warga yang tinggal di dekat perbatasan Afghanistan terpaksa mengungsi. Warga khawatir menjadi korban dari aksi saling tembak dua pasukan penjaga perbatasan tersebut. 

Sejauh ini penyebab kerusuhan antara militer Iran dan polisi Afghanistan itu belum jelas. Namun, akibat insiden tersebut satu petugas kepolisian Afghanistan tewas dan satu terluka satu orang.

”Penyebab bentrokan belum jelas, kami melaporkan satu tewas dan satu terluka," kata juru bicara polisi Provinsi Nimroz Bahram Haqmal yang berada di di Afghanistan selatan kepada Reuters.

”Kini bentrokan antara kedua pasukan dilaporkan sudah berhenti dan tak ada korban jiwa,” ujar Gubernur Hirmand Iran yang berlokasi di perbatasan Afghanistan, Maysam Barazandeh.

Untuk diketahui, Iran berbatasan langsung dengan Afghanistan sepanjang 900 kilometer (km). Sejak Taliban mengambil alih kekuasaan pada Agustus 2021, Presiden Iran Ebrahim Raisi tak mengakui pemerintahan interim Afghanistan itu.

Polisi Taliban dilaporkan kerap membuat ulah hingga terlibat bentrokan sampai baku tembak dengan pasukan keamanan dan penjabat perbatasan Iran dan Pakistan. Kedua negara itu berbatasan darat dengan Afghanistan yang kini dikuasai Taliban. (tim redaksi)


#bentrokan
#polisitaliban
#militeriran
#penjagaperbatasan
#salingtembak
#sengketaperbatasan

Tidak ada komentar