Breaking News

Ketua DPR AS ke Taiwan, Tiongkok Meradang

Ketua DPR Nancy Pelosi saat kunjungan ke Taiwan (net) 

WELFARE id-Sempat mendapat kecaman, Ketua DPR Amerika Serikat Nancy Pelosi tetap berkunjung ke Taiwan ditengah lawatannya ke negara-negara Asia. Ketua DPR AS diketahui mendarat di Bandara Internasional Songshan, Taipei pada Selasa (2/8/2022) malam waktu setempat atau sekitar pukul 21.50 WIB. 

Pelosi, urutan kedua dalam kepresidenan, AS adalah profil tertinggi Puman Sam yang mengunjungi Taiwan dalam 25 tahun. Beijing telah menjelaskan bahwa kehadirannya sebagai provokasi besar, membuat kawasan itu gelisah. Mengutip AFP, siaran langsung menunjukkan anggota parlemen berusia 82 tahun itu terbang dengan pesawat militer AS. Ia disambut di Bandara Songshan Taipei oleh Menteri Luar Negeri Joseph Wu. 

Kunjungan delegasi kami ke Taiwan menghormati komitmen teguh Amerika untuk mendukung demokrasi Taiwan yang semarak," katanya dalam sebuah pernyataan pada saat kedatangannya, dikutip Kamis (4/8/2022). 

"(Kunjungan) sama sekali tidak bertentangan dengan kebijakan AS terhadap Taipei dan Beijing," tegasnya. 

Hal gembira pun disambut Taiwan. Pemerintah pulau itu mengatakan perjalanan itu menunjukkan dukungan "kokoh" dari Washington. 

Menanggapi hal itu, Kementerian Luar Negeri Tiongkok mengatakan, perjalanan Ketua DPR AS itu adalah pelanggaran serius terhadap prinsip satu-Tiongkok dan ketentuan dari tiga komunike bersama Tiongkok-AS. 

Dalam tiga komunike bersama Tiongkok-AS, Amerika Serikat bukan hanya mengakui bahwa "hanya ada satu Tiongkok dan Taiwan adalah bagian dari Tiongkok", tetapi juga berjanji bahwa "rakyat AS akan memelihara hubungan budaya, komersial, dan hubungan tidak resmi lainnya dengan rakyat Taiwan". 

Bersamaan dengan pernyataan Kemlu Tiongkok, Kongres Rakyat Nasional Tiongkok, Legislatif Tinggi Tiongkok, Komite Luar Negeri Komite Nasional Konferensi Permusyawaratan Politik Rakyat Tiongkok, dan Kantor Kerja Taiwan dari Komite Sentral Partai Komunis Tiongkok juga mengecam tindakan Pelosi mengunjungi Taiwan. 

Kementerian Pertahanan negeri tirai bambu tersebut dilaporkan telah menetapkan situasi siaga tinggi dan akan meluncurkan serangkaian operasi militer yang ditargetkan sebagai tindakan balasan. 

Diansir dari CGTN, Juru bicara Kementerian Pertahanan Tiongkok Wu Qian pada Selasa menyampaikan bahwa pihaknya dengan tegas akan membela kedaulatan nasional dan integritas teritorial. Dia tidak merinci operasi militer seperti apa yang akan ditempuh Tiongkok dan apa targetnya. 

Juru bicara Komando Teater Timur Timur Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) Kolonel Senior Shi Yi, juga mengatakan pada Selasa bahwa Komando Teater PLA akan melakukan serangkaian operasi militer di sekitar pulau Taiwan mulai Selasa malam. 

Selama wawancara setelah menghadiri Pertemuan Menteri Luar Negeri Organisasi Kerjasama Shanghai sebelumnya pada Selasa, Penasihat Negara Tiongkok dan Menteri Luar Negeri Wang Yi memperingatkan bahwa AS terus-menerus menantang kedaulatan Tiongkok dan dengan sengaja menimbulkan masalah di Selat Taiwan, dan China tidak akan pernah menerima pergerakan seperti itu. 

"Beberapa politisi AS bermain dengan api pada pertanyaan Taiwan dan tidak akan pernah ada akhir yang baik bagi mereka," kata Wang Yi. 

Bahkan Tiongkok akan "meluncurkan serangkaian tindakan militer yang ditargetkan sebagai tanggapan atas kunjungan tersebut. Latihan dimulai Rabu kemarin. Termasuk "penembakan peluru jarak jauh" di Selat Taiwan. "Mereka yang bermain api akan binasa karenanya," tambah kementerian luar negeri Beijing. 

Pelosi saat ini sedang melakukan tur ke Asia. Sebelumnya, dia maupun kantornya tidak mengkonfirmasi kunjungan Taipei meski kemarin hal berbeda diungkap media. 

Sementara itu, pemerintah Biden mengatakan tak ada alasan untuk menentang kunjungan Pelosi. Ini merupakan update terbaru setelah sebelumnya Biden disebut tidak mengharapkan itu terjadi karena saran buruk Pentagon. "Tidak ada alasan bagi Beijing untuk mengubah kunjungan potensial yang konsisten ... menjadi semacam krisis," katanya Juru Bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih John Kirby. (tim redaksi) 

#kunjunganketuadprasketaiwan
#ketuadpras
#tiongkokasmemanas
#asvstiongkok
#taiwan
#taipei

Tidak ada komentar