Breaking News

Kebakaran Hutan di Sekitar Danau Toba, Polisi Tangkap 2 Pelaku Pembakaran

Kebakaran hutan. Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-Fakta baru kebakaran hutan di sekitar Danau Toba, Sumatera Utara terungkap. Polisi mencurigai kebakaran hutan tersebut terjadi karena faktor kesengajaan.

Kuat dugaan, bahwa kebakaran hutan ini akibat adanya pembukaan lahan yang dilakukan oleh sejumlah oknum masyarakat di sekitar Danau Toba. Menurut Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Utara, Herianto, dia juga menduga bahwa kebakaran hutan di sekitar Danau Toba memang karena unsur kesengajaan. 

"Kalau sudah berkali-kali begini diduga ada kesengajaan oknum. Tapi itupun kembali lagi ke kepolisian, bagaimana mengusut masalah ini," ujar Herianto, dikutip Jumat (12/8/2022). 

Ia meminta Polda Sumut dan Polres Samosir mengusut dan menindak pelaku pembakaran di perbukitan Danau Toba. Tindakan tegas yang dilakukan pihak kepolisian diharapkan dapat mencegah terjadinya kejadian yang sama terulang lagi.

"Harapannya tindakan tersebut tidak terulang lagi selanjutnya. Kita minta ini diusut tuntas," harapnya. Sebab, lanjutnya, Danau Toba adalah Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) yang kekayaan alamnya harus dijaga.

Terutana, menjelang beberapa acara pariwisata besar di sekitar Danau Toba. "Bila terus terbakar perbukitan, wisatawan pun enggan berkunjung ke Danau Toba lagi. Kalau seperti itu kejadiannya, tidak kelalaian lagi tapi ada unsur kesengajaan ini. Jangan biarkan terus menerus, harus ada efek jera dan tindakan hukum yang dibuat,” tegasnya.

Merespons kecurigaan warga, polisi akhirnya mencoba menyelidiki dan berhasil menangkap dua warga yang membakar hutan di kawasan perbukitan Danau Toba, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Mirisnya, salah satu pelaku yang ditangkap masih anak-anak.

Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Hadi Wahyudi mengakui, ada dua titik kebakaran hutan yang terjadi di kawasan perbukitan Danau Toba dan benar diduga akibat kesengajaan. "Dari keterangan dua pelaku yang telah berhasil ditangkap, diketahui mereka sengaja membakar lahan dan hutan di perbukitan kawasan Danau Toba, untuk membuka lahan perkebunan," bebernya.

Akibat kebakaran yang melanda kawasan perbukitan Danau Toba ini, sekitar 35 hektare hutan ludes terbakar. Untuk memadamkan kebakaran, sebanyak 200 personel gabungan dari pemadam kebakaran, TNI, Polri, serta masyarakat dan relawan dikerahkan ke titik kebakaran hutan.

Mengingat saat ini kondisi cuaca sangat panas, untuk mengantisipasi terulangnya kebakaran hutan di kawasan perbukitan Danau Toba tersebut, petugas masih disiagakan di sejumlah titik. (tim redaksi)

#kebakaranhutan
#danautoba
#sekitarpulausamosir
#sumaterautara
#wargadanautoba
#didugasengajadibakar
#pelakupembakarhutan
#pembukaanlahan

Tidak ada komentar