Breaking News

Kebakaran Hutan Amazon, Terburuk dalam 15 Tahun Terakhir

Kebakaran hutan Amazon (twitter) 

WELFARE.id-Jumlah kebakaran hutan di Amazon Brasil mencapai level tertinggi hampir 15 tahun pada minggu ini. Seperti dilaporkan AFP, dikutip Minggu (28/8/2022), angka resmi otoritas Brasil itu memberikan peringatan terbaru tentang perusakan hutan hujan terbesar di dunia.

Pemantauan satelit mendeteksi 3.358 kebakaran pada Senin (22/8/2022), jumlah tertinggi untuk periode 24 jam sejak September 2007, menurut badan antariksa Brasil, INPE. 

Jumlah kebakaran hampir tiga kali lipat yang tercatat pada apa yang disebut "Hari Api" - 10 Agustus 2019 - ketika para petani meluncurkan rencana terkoordinasi untuk membakar sejumlah besar hutan hujan yang ditebang di negara bagian utara Para. 

Kemudian, kebakaran mengirimkan asap abu-abu tebal sampai ke Sao Paulo, sekitar 2.500 km jauhnya, dan memicu kecaman global atas gambar salah satu sumber daya bumi yang paling vital terbakar. 

“Tidak ada indikasi bahwa kebakaran hari Senin terkoordinasi. Sebaliknya, mereka tampaknya cocok dengan pola peningkatan deforestasi dan pembakaran,” kata Alberto Setzer, kepala program pemantauan kebakaran INPE. 

Para ahli mengatakan, kebakaran Amazon terutama disebabkan oleh petani ilegal, peternak dan spekulan yang membuka lahan dan membakar pohon. Di Brasil, apa yang disebut "busur deforestasi" telah berkembang. 

"Wilayah di mana kebakaran paling banyak terjadi, bergerak semakin jauh ke utara. Busur deforestasi tidak diragukan lagi berkembang," kata Setzer kepada AFP. 

Agustus biasanya ketika musim kebakaran dimulai dengan sungguh-sungguh di Amazon, dengan datangnya cuaca yang lebih kering. 

Sejauh ini merupakan tahun yang mengkhawatirkan bagi hutan, penyangga utama terhadap pemanasan global: INPE mendeteksi 5.373 kebakaran bulan lalu, naik delapan persen dari Juli tahun lalu. 

Dengan 24.124 kebakaran sejauh bulan ini, hutan Amazon berada di jalur untuk menjadi Agustus terburuk di bawah Presiden Jair Bolsonaro. Meskipun jauh di bawah 63.764 kebakaran yang terdeteksi pada Agustus 2005, kebakaran Amazon lebih buruk untuk bulan sejak pencatatan dimulai pada 1998. 

Bolsonaro, sekutu agribisnis, menghadapi kritik internasional atas lonjakan kehancuran Amazon di bawah pengawasannya. Sejak menjabat pada Januari 2019, rata-rata deforestasi tahunan di Amazon Brasil telah meningkat sebesar 75 persen dibandingkan dengan dekade sebelumnya. (tim redaksi

#kebakaranhutan
#amazon
#amazonforest
#brasil
#deforestasi

Tidak ada komentar