Breaking News

Kawasan Tangerang Jadi Lokasi Favorit Pencari Rumah

Salah satu perumahan baru di Kota Tangsel. Foto: net

WELFARE.id-Kawasan favorit hunian di Jabodetabek yang awalnya dipegang Bogor selama beberapa tahun ini mulai bergeser. Kini, kawasan favorit bagi pemburu hunian adalah Tangerang.

Salah satu wilayah di Provinsi Banten itu kini bertengger di papan atas yang diburu para pencari rumah yang bekerja di Jabodetabek.

Berdasarkan data dari Flash Report Rumah123.com menempatkan wilayah Tangerang menjadi lokasi terpopuler paling banyak dicari dengan angka 16,7 persen pada kuartal II-2022.

Hal serupa juga terjadi pada kuartal I-2022 di mana Tangerang menjadi lokasi paling banyak dicari dengan perolehan 15,5 persen.

Wakil Ketua Umum Real Estat Indonesia (REI) Bambang Ekajaya mengatakan menyebutkan sejumlah yang membuat Tangerang menjadi favorit hunian yang dicari masyarakat yakni kemudahan aksesibilitas.

"Apalagi sekarang ini ada beberapa tol baru mengarah ke Tangerang dan sekitarnya," katanya dalam keterang resminya dikutif Kamis (17/8/2022).

Apalagi, kata Bambang juga, lanskap Tangerang berhasil ditambahkan dengan berbagai fasilitas pendukung yang bukan hanya berskala lokal tetapi hingga nasional.

Karena itu, Bambang memprediksi selama kawasan Tangerang tetap berkembang, maka daya tarik wilayah tersebut akan tetap tinggi dijadikan masyarakat untuk tempat tinggal.

Selain itu juga, kawasan Tangerang yang tidak terlalu jauh dari DKI Jakarta juga jadi daya tambah  oleh peminat perumahan yang ingin tinggal di area dekat tempat kerja atau usaha mereka.

Oleh karena itu, pengembang diimbau untuk terus berinovasi melakukan pengembangan baru atau memperbaiki kawasan sehingga pasar bisa terus tumbuh.

"Contoh kawasan yang dulu primadona tapi sekarang cenderung turun yakni kawasan kota lama, Glodok, Beos dan sekitarnya. Ini karena minim pengembangan baru, jadi harga stagnan bahkan turun," cetus Bambang juga.

Sementara itu, Gandy, 34, salah satu warga pencari rumah mengaku hanya akan mencari hunian di kawasan Kota Tangerang Selatan (Tangsel). ”Kawasan Tangsel harga rumah memang agak tinggi tapi dekat dari tempat kerja saya di Jakarta,” ujarnya.

Dia juga mengaku harga rumah di Bogor atau Depok memang lebih murah tapi lokasinya jauh dari tempat kerja. ”Jadi kalau dihitung dengan ongkos ke tempat kerja sama saja. Apalagi  investasi rumah di Tangsel cepat naik. Jadi gak rugi kalau beli rumah di Tangsel,” cetusnya. (tim redaksi)

#pemukiman
#tangerang
#diminatipencarirumah
#rei
#realestateindonesia
#wakilketuaumum
#bambangekajaya
#aksesibilitas

Tidak ada komentar