Breaking News

Kado Kemerdekaan RI, Timnas Indonesia Angkat Piala AFF U16 2022 Usai Kalahkan Vietnam 1-0

Timnas U16 Indonesia mengangkat Piala AFF U16 2022, usai mengalahkan Vietnam di laga final, Jumat (12/8/2022) malam. Foto: Instagram @pssi

WELFARE.id-Pelatih Bima Sakti wajib berbangga. Prestasi timnas U16 Indonesia dibawah asuhannya berhasil mengalahkan Vietnam di final Piala AFF U16 2022, Jumat (12/8/2022) malam yang digelar di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jogjakarta.

Kemenangan itu menjadi kado istimewa kemerdekaan. Mengingat, Indonesia bisa kembali juara, setelah terakhir trofi ini ada di Tanah Air pada 2018. Dengan demikian, jumlah kemenangan Indonesia kini menyamai negara serumpun, Malaysia yaitu dua kali juara AFF U16.

Jalannya pertandingan

Duel Indonesia vs Vietnam pada laga final Piala AFF U16 2022 berlangsung ketat. Gol semata wayang yang membawa timnas U16 Indonesia juara dicetak oleh Kafiatur Rizky pada babak pertama tepatnya menit ke-45+1. 

Pertandingan sudah berjalan intens sejak awal babak pertama. Indonesia mencoba membangun serangan dan menghasilkan peluang pada menit ketiga. 

Sebuah tendangan bebas meluncur ke kotak penalti Vietnam, tetapi tandukan pemain Indonesia belum berhasil memberikan ancaman bagi kiper lawan Pham Dinh Hai.  Kesempatan lagi bagi timnas U16 Indonesia pada menit kelima.

Namun, Rifki Afrisal kalah cepat dan bola lebih dulu diamankan Pham Dinh Hai. Saat pertandingan berjalan enam menit, Garuda Asia (julukan timnas U16 Indonesia) mendapat peluang dari tendangan bebas. 

Bola mengarah langsung ke gawang Vietnam yang dicoba dikejar Arkhan Kaka. Namun, kiper Vietnam lebih dulu menepis si kulit bundar.

Indonesia kembali melancarkan serangan ke lini pertahanan Vietnam pada menit ke-12. Figo Dennis melakukan percobaan, tetapi tendangannya masih terlalu jauh dari gawang Vietnam.

Vietnam mendapatkan peluang emas pertama pada menit ke-13. Salah satu pemain Vietnam menyambut tendangan bebas dengan tandukan yang langsung mengarah ke gawang. 

Namun, kiper timnas Indonesia, Andrika Fathir Rachman berhasil melakukan penyelamatan dan menggagalkan kesempatan lawan. Vietnam tampil lebih menekan pada pertengahan babak pertama. 

Namun, tim berjuluk "The Golden Stars" itu belum bisa menembus pertahanan Indonesia. Riski Afrisal melepaskan shot on target dari situasi bola mati pada menit ke-28. 

Namun, peluang Indonesia itu belum berbuah gol usai kiper Vietnam dengan mudah menangkap bola. Vietnam nyaris mendapatkan peluang emas pada menit ke-34. Pemain nomor 15, Bui Hoang Song sejatinya punya kesempatan mencetak gol. 

Bui Hoang Song tinggal berhadapan dengan gawang, tetapi dia justru gagal mengontrol bola dan si kulit bulat kembali dikuasai para pemain Indonesia. Momen emas terjadi lagi di kubu Indonesia pada menit ke-40. 

Arkhan Kaka yang berada di dalam kotak penalti mencoba mendorong bola ke gawang Vietnam. Namun, kawalan dua pemain lawan membuat ruang Arkhan terbatas dan belum berhasil membuka keunggulan untuk timnas U16 Indonesia. 

Timnas U16 Indonesia berhasil membuka keunggulan pada injury time melalui aksi Kafiatur Rizky. Menerima umpan di dalam kotak penalti, ia melewati satu pemain Vietnam sebelum melepaskan tendangan melengkung dan bola bersarang di pojok kanan atas gawang lawan. 

Vietnam melakukan percobaan pada awal babak kedua tepatnya menit ke-50. Namun, tendangan mendatar yang dilepaskan salah satu pemain Vietnam bisa diantisipasi Andrika. 

Timnas U16 Indonesia membangun serangan dari sisi kanan pada menit ke-52. Namun, Riski Afrisal yang berada di depan gawang tak berhasil memanfaatkan peluang tersebut. 

Nabil Asyura mengirimkan umpan lambung ke dalam kotak penalti di mana ada Arkhan Kaka yang menanti. Namun, kiper Vietnam dengan tenang menangkap si kulit bulat. 

Timnas U16 Indonesia masih menguasai pertandingan. Pada menit ke-65, Habil Abdillah memberikan umpan yang sayangnya bisa ditangkap kiper Pham Dinh Hai. 

Andrika sekali lagi berhasil menyelamatkan gawang timnas U16 Indonesia pada menit ke-89. Dia berhasil mengamankan bola tendangan Phan Thanh Duc. 

Skor 1-0 bertahan hingga laga usai. Ini merupakan gelar kedua Garuda Asia di pentas Piala AFF U16 setelah edisi 2018.

Ketegangan terus berlangsung hingga beberapa menit sebelum menit-menit akhir babak kedua yang menyulut emosi kedua tim. Dari kemenangan ini, timnas U16 berhasil menjuarai Piala AFF U16 2022, kemudian disusul Vietnam sebagai runner up dan juara ketiga dipegang oleh Thailand.

Pelatih Timnas Indonesia U16, Bima Sakti pun mengaku bangga dengan skuad asuhannya. Sejak awal, ia bersama timnya telah menyiapkan taktik dalam menghadapi Vietnam di final.

"Kami memang sudah mengalahkan mereka, tetapi itu itu tidak menjadi patokan," ujarnya merendah. Bahkan, Bima tak segan memuji penampilan timnas Vietnam yang menurutnya bermain bagus kemarin malam.

"Vietnam tim yang bagus. Tetapi kami optimistis saat bermain di final," ucapnya.

Dirinya pun ingin kemenangan melawan Vietnam menjadi hadiah istimewa, untuk hari kemerdekaan Republik Indonesia. Adapun dalam Cermony penutup AFF U16 2022 tadi malam, pemain lini belakang timnas U16, Iqbal Gwinjange berhasil menjadi pemain terbaik di AFF U16 2022. (tim redaksi)

#finalpialaaffu162022
#pialaaffu162022
#timnasu16
#timnasindonesia
#indonesiavsvietnam
#indonesiamenang
#pelatihbimasakti
#indonesiamenangpialaaffu162022
#timnasepakbola
#sepakbola

Tidak ada komentar