Breaking News

Jalan-Jalan ke Tanjung Enim, Jangan Lupa ke Museum Batu Bara Bukit Asam Ya!

Museum Batu Bara Bukit Asam di Tanjung Enim, Sumatera Selatan. Foto: Istimewa/ Dok.Mind Id

WELFARE.id-Museum Batu Bara Bukit Asam di Tanjung Enim, Sumatera Selatan, resmi dibuka untuk masyarakat umum, bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Ke-77 Kemerdekaan RI. 

Di dalamnya, terdapat koleksi hasil konservasi, riset, edukasi, dan hiburan yang berkaitan dengan sejarah dan perkembangan industri batu bara di Indonesia.

Direktur Operasi dan Produksi PTBA Suhedi mengungkapkan, museum ini merupakan wujud komitmen PTBA dalam hal visi sustainability, khususnya pengelolaan masyarakat dan lingkungan yang berkelanjutan. 

"Kami berharap, museum ini memberikan manfaat yang besar melalui pengelolaan yang baik melibatkan unsur masyarakat," ujarnya, dikutip Selasa (23/8/2022).

Terdapat banyak edukasi dan informasi di dalamnya, seperti jenis-jenis batu bara, ruang kereta bawah tanah, alat-alat tambang yang digunakan pada masa lalu, ruang theater audio visual, sekaligus sejarah pimpinan Bukit Asam dari masa ke masa. Melalui museum ini, para pengunjung dapat mengetahui sejarah pertambangan batu bara dari era kolonial sampai sekarang ini. 

Pengunjung juga diperlihatkan tambang bawah tanah. Di komplek seluas 4,5 ha ini pun nantinya dibangun beberapa destinasi wisata yang ditujukan bukan hanya untuk masyarakat lokal sekitar Tanjung Enim.

Kawasan ini telah didesain untuk mampu menampung wisatawan sekitar 200-300 orang per hari. "Kami perlu mengingatkan bahwa komplek destinasi wisata ini agar sama-sama kita jaga dan kita kembangkan dalam mendukung program Tanjung Enim Kota Wisata.

Arena-arena yang berpotensi menarik turis dari luar Tanjung Enim tersebut, antara lain Goa Coal Park, Kolam Wisata, Gedung Seni, Gedung Pusat Kuliner, Plaza Air Mancur, dan beberapa miniatur ciri khas daerah Sumsel. Seperti, Miniatur Benteng Kuto Besak, Pagoda Pulo Kemaro, Masjid Agung Palembang, dan Monpera.

Direktur Utama PTBA Arsal Ismail menambahkan, PTBA sebagai BUMN memiliki peluang untuk berkontribusi bagi negeri ini. "Kita juga buktikan kepada para pahlawan yang telah gugur memperjuangkan kemerdekaan, bahwa kita bangsa yang kuat dan tangguh," tutupnya. (tim redaksi)

#museumbatubarabukitasam
#museumbatubara
#destinasiwisata
#tujuanwisata
#tanjungenim
#sumateraselatan
#edukasitentangbatubara
#sejarahtambangbatubara
#industribatubaranasional

Tidak ada komentar