Breaking News

Istana Undang Ribuan Warga Hadiri Upacara Bendera Sambut HUT ke-77 RI, Intip Persyaratannya

Upacara pengibaran bendera merah putih di Istana Negara yang digelar rutin setiap tahun. Foto: Istimewa/ Net

WELFARE.id-Upacara pengibaran bendera merah putih bertepatan dengan HUT ke-77 RI, Rabu (17/8/2022) mendatang bakal digelar berbeda. Tak seperti tahun-tahun sebelumnya, kali ini Istana mengundang ribuan warga umum untuk ikut menyaksikan pengibaran sang saka merah putih secara langsung.

Masyarakat yang ingin menyaksikan langsung harus sudah disuntik vaksin ketiga atau booster. Hal itu dikatakan Kepala Biro Pers, Media, dan Informasi, Biro Pers, Media, dan Informasi, Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media, Sekretariat Presiden, Bey Triadi Machmudin.

Hal itu dilakukan, mengingat selama dua tahun terakhir, Istana Negara hanya melakukan upacara HUT RI secara terbatas karena bertepatan dengan pandemi COVID-19. 

"Memang betul bahwa tahun ini masyarakat akan kita ikut sertakan secara fisik. Namun, tentu saja, kami menerapkan treatment kesehatan yang sangat ketat," kata Bey dalam konferensi pers, dikutip dari siaran YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (3/8/2022).

"Pertama adalah masyarakat tentu saja harus telah divaksin booster," ucapnya. Meskipun sudah divaksin booster, masyarakat yang sudah mendapatkan undangan, juga harus menjalani tes antigen COVID-19 terlebih dahulu. 

Menurut Bey, mekanisme tersebut menjadi salah satu protokol kesehatan yang dilakukan di Istana. Bukan hanya kepada pegawai ataupun tamu sehari-hari, protokol kesehatan tersebut juga bakal diterapkan bagi masyarakat yang nantinya akan masuk ke lingkungan Istana.

"Juga di pintu-pintu masuk akan kami siapkan barcode-barcode. Jadi nanti terlihat bagi peserta atau masyarakat hadir harus scan barcode yang telah kami siapkan," imbuhnya.

Kepala Staf Kepresidenan Heru Budi Hartono menambahkan, kalau pihaknya mengundang masyarakat untuk datang ke Istana meskipun masih dalam jumlah terbatas. Untuk upacara pagi hari, jumlah warga yang bisa masuk ialah kisaran 1.000 hingga 2.000 orang.

Jumlah warga kemudian ditambahkan pada upacara penurunan bendera di sore hari. "Pada tahun ini juga kita mengundang masyarakat, kurang lebih 1.000 sampai 2.000 kurang lebih 2.000-an di pada pagi hari dan di 2.000 sampai 3.000 di sore hari," terangnya.

Heru menuturkan, siapapun bisa datang untuk menyaksikan upacara kemerdekaan secara langsung. Namun sebelumnya warga harus mendaftar terlebih dahulu dan yang paling cepat dia akan mendapatkan undangannya. "Artinya siapa cepat dia mendaftar, dia yang dapat," tutupnya. (tim redaksi)

#upacarabendera
#upacarahutke77ri
#hutri
#istanamerdeka
#istananegara
#wargadiundang
#vaksinbooster
#tesantigencovid19
#syaratmendaftar

Tidak ada komentar