Breaking News

Ini Lima Makanan Sumber Vitamin B12 yang Mudah Didapat

Ilustrasi makanan sumber vitamin B12. Foto: net

WELFARE.id-Tubuh manusia yang sehat bergantung pada makanan yang dikonsumsi dikonsumsi setiap hari. Semakin baik makanan yang dikonsumsi maka semakin sehat. Karena mekanisme yang kompleks, ada banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh, termasuk vitamin B12.

Berikut ini.adalah makanan yang dapat membantu meningkatkan asupan vitamin B12 di dalam tubuh seperti dikutip dari laman NDTV, Jumat (12/8/2022)

1. Olahan Hati
Olahan hidangan hati dan ginjal baik ayam, kambing dan sapi sebaiknya tidak disepelekan. Bagian tersebut punya berbagai nutrisi melimpah yang baik untuk tubuh, termasuk vitamin B12. Makanan tersebut ideal dikonsumsi jika seseorang kekurangan vitamin B12 atau mengalami kekurangan nutrisi lainnya.

2. Produk Susu
Produk susu adalah sumber vitamin B12 yang bagus, terutama bagi vegetarian. Seseorang juga dapat memasukkannya ke dalam rutinitas harian karena sangat serbaguna dan memiliki banyak variasi. Cobalah minum susu, yogurt, dan menyantap keju setiap hari untuk asupan nutrisi.

3. Telur
Telur adalah makanan lain yang lebih umum dikonsumsi dan sangat kaya akan vitamin B12.  Sama halnya dengan makanan lain, telur juga berlimpah manfaat bagi tubuh. Hidangan olahan telur bisa bervariasi sehingga tidak menjemukan untuk dikonsumsi.

4. Ikan
Selain mudah didapat, menyantap ikan amat baik karena kaya akan vitamin B12 dan banyak nutrisi lainnya. Rutin mengonsumsi jenis ikan seperti tuna dan salmon juga dapat memberikan nutrisi lain seperti protein, selenium, fosfor, vitamin B3, serta vitamin A.

5. Sereal 
Sereal yang diperkaya adalah sumber vitamin B12 dan banyak nutrisi lain untuk vegan dan vegetarian. Fortifikasi mengacu pada penambahan nutrisi pada makanan yang tidak secara alami memilikinya. Akan tetapi, lebih dianjurkan untuk makan makanan yang kaya nutrisi secara alami.

Jadi secara umum, menerapkan diet seimbang dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Meskipun jumlah vitamin B12 paling banyak sering bersumber dari daging, vegan dan vegetarian masih bisa mengonsumsi B12 dalam jumlah yang tepat lewat deretan makanan tadi.

Jika Anda mungkin kekurangan vitamin B12, sangat ideal untuk berkonsultasi dengan dokter. Kemungkinan besar, dokter akan meresepkan suplemen yang merupakan cara terbaik untuk menjaga asupan yang tepat untuk tubuh Anda. (tim redaksi)


#gayahidup
#lifestyle
#vitaminb12
#kesehatan
#nutrisi
#kesehatantubuh

Tidak ada komentar