Breaking News

Ini Dia Cara Agar Kulit Terhindar dari Penuaan Dini

Ilustrasi (Foto: net) 

WELFARE.id-Seiring bertambahnya usia, kulit pun mulai mengendur, mulai ada kerutan, dan muncul flek hitam hiperpigmentasi. Saat seseorang sudah memasuki usia 30 tahun, jaringan kolagen dan elastisitas kulit pun kian melemah. 

Meski begitu, kulit kendur dan berkerut banyak sekali ditemukan pada remaja wanita dan hal ini disebut penuaan dini.  Dokter Hari Darmawan, SpKK menyatakan, penuaan dini disebabkan oleh berbagai faktor gaya hidup yang kurang baik seperti kurang makan sayur dan buah, sedikit minum air putih, jarang berolahraga, merokok dan minum alkohol. ''Selain itu, terkena paparan sinar matahari, kurang istirahat, stres, dan polusi udara juga dapat menjadi penyebab penuaan dini,'' ujarnya dikutip Selasa (2/8/2022). 

Berikut tips dari Dokter Hari, yang dapat dilakukan agar kulit terhindar dari penuaan dini: 

1. Konsumsi makanan yang sehat dan bergizi 

Dalam menjaga kulit tetap sehat dan terhindar dari penuaan dini, konsumsilah makanan yang sehat dan bergizi. Dengan mengonsumsi buah dan sayur dapat membantu meningkatkan pembentukan sel kulit yang sehat pada tubuh. Selain itu, batasilah konsumsi makanan yang banyak mengandung gula dan karbohidrat olahan karena dapat mempercepat proses penuaan dini.   

2.Berhenti dan hindari merokok 

Bahan kimia pada asap tembakau juga dapat menurunkan produksi kolagen, elastin, dan vitamin A di kulit. Inilah yang menyebabkan elastisitas kulit menurun dan membuatnya menjadi berkerut, kendur, serta tampak lebih tua. Kulit yang berkerut dan kendur akibat merokok bisa terjadi di seluruh tubuh. 

3. Jangan konsumsi alkohol 

Mengkonsumsi alkohol berlebihan dapat membuat ginjal bekerja lebih keras dan membuat kulit menjadi dehidrasi. Alhasil, kulit akan cenderung lebih mudah berkerut, sehingga penuaan dini dapat terjadi. 

4.Gunakan tabir surya setiap hari 

Gunakanlah tabir surya dengan kandungan SPF minimal 30 karena mampu menjaga kulit dari sinar matahari UVA dan UVB. Hal ini dikarenakan sinar UVA pada matahari mampu memberikan efek penuaan pada kulit apabila terpapar terlalu lama tanpa perlindungan. Oleh karena itu, gunakan tabir surya saat hendak bepergian keluar rumah. 

 5.Rutin lakukan perawatan 

Dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, berhenti merokok serta menggunakan tabir surya  setiap hari tidaklah cukup untuk mencegah terjadinya penuaan dini. Hal tersebut harus dilengkapi dengan melakukan perawatan seperti peeling, laser, skin booster, radio frekuensi ultrasound, dan lain-lain.  Lakukanlah perawatan kulit minimal 1-2 bulan sekali agar kulit menjadi lebih kencang dan terhindar dari penuaan dini. (tim redaksi) 

#tips
#penuaandini
#tipsantipenuaandini
#caramenghindaripenuaandini
#healthy
#lifestyle

Tidak ada komentar