Breaking News

Ini Dia 9 Wisata yang Berkaitan dengan Kemerdekaan Indonesia

Museum Perumusan Naskah Proklamasi di kawasan Menteng, Jakarta Pusat (net) 

WELFARE.id-Memasuki Agustus, masyarakat Indonesia bersiap menyambut peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2022. Momen HUT RI cocok mengunjungi destinasi atau situs terkait sejarah untuk mengenang perjuangan dan jasa pahlawan dalam memerdekakan Tanah Air dari penjajahan. 

Memperingati hari kemerdekaan, sejumlah kegiatan biasanya diadakan untuk memeriahkan HUT RI seperti upacara dan setelahnya adalah lomba-lomba. Bahkan dihari sebelumya masyarakat Indonesia senantiasa menghias lingkungan rumah dengan bendera merah putih dan lampu warna-warni. 

Selain kegiatan diatas ada beberapa kegiatan lain lagi yang bisa dilakukan untuk menyambut HUT RI contohnya seperti mengunjungi wisata sejarah kemerdekaan RI. 

Berikut beberapa rekomendasinya : 

1. Rumah Rengasdengklok 

Rumah Rengasdengklok terletak di Karawang, Jawa Barat dan menjadi tempat bersejarah atas kemerdekaan Indonesia. Dulu Rumah Rengasdengklok merupakan rumah milik Djiaw Kie Siong, seorang Tionghoa yang rela rumahnya dijadikan tempat persembunyian Ir Soekarno dan Mohammad Hatta dari kejaran penjajah. 

Soekarno dan Hatta sengaja disembunyikan oleh para pemuda bangsa agar bisa segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. 

2. Tugu Proklamasi 

Salah satu tempat yang menjadi saksi perjuangan kemerdekaan Indoensia adalah Tugu Proklamasi di Menteng, Jakarta Pusat. Tugu Proklamasi menjadi saksi pembacaan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia oleh Ir. Soekarno dan Mohammad Hatta. Lokasi tugu ini dulunya merupakan rumah Soekarno. 

3. Gedung Joang ‘45 

Gedung Joeang 45 terletak di Cikini, Menteng, Jakarta Pusat. Bangunan ini dulu merupakan hotel milik L.C. Schomper yang dimabil alih oleh pemuda Indonesia. Hotel tersebut dijadilkan sebagai tempat pelatihan dan pendidikan. 

 4. Museum Perumusan Naskah Proklamasi 

Seorang perwira Angkatan Laut bernama Laksamana Tadashi Maeda mendedikasikan kediamannya sebagai tempat merumuskan naskah proklamasi. Kini rumah tersebut menjadi Museum Perumusan Naskah Proklamasi yang terletak di Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat. 

Ada 4 ruangan di dalam musem tersebut yang masing-masing mengoleksi benda bersejarah terkait perumusan naskah proklamasi kemerdekaan RI. 

5. Radio Republik Indonesia 

Radio Republik Indonesia atau RRI memiliki peran tak kalah penting dalam menyiarkan kemerdekaa Indoensia. Saat itu pukul 19.00 berita mengenail proklamasi dan kemerdekaan Indonesia di sebarluaskan. 

Orang-orang yang berjasa dalam mengudarakan kemerdekaan tersebut adalah Yusuf Ronodipuro, Bachtiar Lubis, dan Suprapto. 

6. Rumah Pengasingan Bung Karno 

Rumah Pengasingan Bung Karno berlokais di Ende, Nusa Tenggara Timur. Di rumah ini Bung Karo beserta istri, ibu mertua dan anak angkatnya mengasingkan diri. Di rumah ini Bung Karno merenungkan tentang perumusan sila-sila dalam panca sila. 

7. Benteng Rotterdam 

Benteng Fort Rotterdam yang berlokais di Makkasar sudah dibangung berbad-abad lamanya dan masih berdiri kokoh hingga saat ini. Fort Rotterdam berfungsi sebagai markas Angkatan Bersenjata, Biro Perdagangan, dan pusat pemerintahan Belanda di Indonesia Timur. 

Setelah beberapa perubahan fungsi, Benteng Rotterdam kini menjadi salah satu tempat wisata sejarah utama Makassar. 

8. Hotel Majapahit 

Terletak di jantung Kota Surabaya, Hotel Majapahit yang dahulunya bernama Hotel Yamato ini menjadi saksi pertempuran heroik antara pemuda Surabaya dengan Belanda. Saat itu pemuda Indonesia tersulut emosi atas kehadiran penjajah di Surabaya pasca kemerdekaan. 

Mereka lalu merobek warna biru pada Belanda yang dikibarkan di depan Hotel Yamato, sehingga menjadi bendera merah putih. Peristiwa ini juga yang menjadi cikal-bakal pecahnya peristiwa 10 November 1945, yang kini terus diperingati sebagai Hari Pahlawan. 

9. Rumah Pengasingan Bung Karno di Ende 

Wilayah yang menjadi lokasi paling legendaris terkait pengasingan Bung Karno adalah Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur. Di lokasi ini terdapat sebuah wisata sejarah yang bernama Rumah Museum. 

Rumah bersejarah ini dulunya menjadi tempat tinggal Ir. Soekarno beserta istri, ibu mertua, dan kedua anak angkatnya selama di Ende. Suasana yang tenang di lokasi inilah yang juga menjadi tempat Bung Karno merenungkan mengenai sila-sila dalam Pancasila. 

Kini, ingatan tersebut direalisasikan dalam bentuk Patung Bung Karno yang merenung di bawah pohon sukun. Lokasi ini juga dikenal dengan Taman Renungan Bung Karno. Selain di Ende, Bung Karno juga pernah diasingkan di beberapa daerah, yaitu Bengkulu, Berastagi, dan Pulau Bangka. (tim redaksi

#destinasi
#destination
#wisata
#wisatasejarah
#wisatakemerdekaanindonesia
#hutri

Tidak ada komentar