Breaking News

Ini Dampak Serius Banyak Konsumsi Obat dan Suplemen tanpa Resep Dokter

Ilustrasi suplemen herbal yang banyak dikonsumsi warga tanpa resep dokter. Foto: net

WELFARE.id-Obat memang baik untuk kesehatan tapi bagaimana jika Anda terlalu banyak minum obat dan suplemen? Apalagi tanpa resep dokter yang benar. Bisa-bisa bukannya sehat tapi merusak tubuh. 

Sudah jadi pengetahuan umum, masyarakat masih banyak yang suka mengkonsumsi obat bebas hingga suplemen herbal merupakan beberapa produk yang dikonsumsi masyarakat setiap hari. 

Akan tetapi, sebagian orang terkadang menggunakan produk kesehatan ini secara berlebih atau dalam dosis yang salah. 

"Sebagian besar orang tidak menyadari bahwa obat-obatan memiliki efek yang bisa merugikan dan kontraindikasi," terang dokter spesialis penyakit dalam, Anita Rasheed dari University Medical Center Phoenix, seperti dilansir Eat This Not That, Sabtu (20/8/2022).

Rasheed mengatakan, obat bebas dan suplemen herbal juga bisa menyebabkan interaksi. Oleh karena itu, setiap orang dianjurkan untuk benar-benar mengenali obat dan menggunakan obat herbal sesuai dengan dosis dan indikasi.

Bila seseorang menggunakan obat atau suplemen terlalu banyak, ada beberapa gejala yang mungkin akan dirasakan tubuh. 

Berikut ini adalah lima gejala atau tanda tersebut:

1. Mengantuk
Beberapa obat atau suplemen herbal bisa menyebabkan efek mengantuk bila dikonsumsi dalam dosis yang tak tepat. Gejala ini bisa diperbaiki dengan cara memperbaiki dosis obat atau mengganti obat dengan produk lain yang tak memicu efek mengantuk.

2. Pening
Konsumsi terlalu banyak obat bisa memunculkan rasa pening dan sensasi seperti akan pingsan. Penggunaan obat berlebih juga dapat membuat rasa pening yang sudah ada sebelumnya menjadi lebih berat. Keluhan ini bisa meningkatkan risiko cedera akibat terjatuh.

3. Perubahan Perilaku
Beberapa obat bisa menyebabkan perubahan perilaku dan kepribadian. Saat ini sudah ada diskusi panjang yang dilakukan mengenai bagaimana obat antidepresi dan obat psikiatri lain bisa memengaruhi diri. 

4. Halusinasi
Mengonsumsi obat secara berlebihan bisa menyebabkan terjadinya halusinasi, termasuk halusinasi visual. Keluhan ini lebih mungkin terjadi bila seseorang mengonsumsi beberapa obat sekaligus. Hal ini bisa terjadi karena adanya kemungkinan interaksi obat. 

5. Jatuh dan Patah Tulang
Salah satu masalah serius dari konsumsi terlalu banyak obat adalah terjatuh dan patah tulang. Konsumsi obat yang terlalu banyak bisa memunculkan efek seperti pening, kantuk, pandangan buram, kebingungan, hingga hipotensi postural yang semuanya dapat meningkatkan risiko jatuh. Terjatuh dapat meningkatkan risiko cedera patah tulang.

Jadi, bagi Anda yang sering mengkonsumi obat dan suplemen sembarangan lebih dihentikan sekarang atau bisa dikonsultasikan dengan dokter. (tim redaksi)


#kesehatan
#obat
#suplemenherbal
#tanparesepdokter
#bahayabagitubuh
#ancamkesehatan

Tidak ada komentar