Breaking News

Ingin Fokus ke Keluarga, Sebastian Vettel Umumkan Pensiun dari F1 Akhir 2022

Pebalap F1 Sebastian Vettel. Foto: Ist

WELFARE.id-Balapan Formula 1 (F1) akan kehilangan salah satu pebalap terbaiknya. Sebastian Vettel resmi mengumumkan akan pensiun di akhir musim ini. 

Pebalap 35 tahun yang sudah meraih empat kali gelar juara dunia tersebut mengumumkan keputusan pensiunnya pada media sosial Instagram pribadinya. 

Melalui video singkat, Vettel menjelaskan alasannya. Vettel menjelaskan, keputusannya untuk pensiun dilatarbelakangi oleh keluarga. Dia menyebutkan ingin memiliki waktu lebih banyak untuk keluarga, khususnya untuk ketiga anaknya. "Keputusan untuk pensiun menjadi salah satu keputusan yang sulit diambil bagi saya, dan saya telah menghabiskan banyak waktu memikirkannya," ujar Vettel, dalam keterangan resmi Aston Martin, dikutip Senin (1/8/2022). 

"Pada akhir tahun ini, saya ingin mengambil lebih banyak waktu untuk berkaca pada apa yang akan saya fokuskan berikutnya, jelas sekali bagi saya bahwa menjadi seorang ayah, saya ingin menghabiskan waktu lebih banyak dengan keluarga saya," lanjut pria kelahiran Jerman tersebut. 

Vettel menambahkan, dia bukannya mau mengucapkan perpisahan. Tapi, justru ingin berterima kasih kepada semuanya, khususnya penggemar. Untuk diketahui, Vettel melakukan debut di F1 pada 2007 dan menikmati puncak kesuksesan dengan Red Bull. Dia menjadi juara dunia sejak 2010 hingga 2013. Pada 2015, Vettel beralih ke Ferrari sebelum akhirnya pindah ke Aston Martin pada 2021. 

Vettel juga menjadi pebalap F1 termuda yang berhasil menang pada 2008 bersama Toro Rosso sebelum bergabung dengan Red Bull. Saat di Ferrari, dia bersaing ketat dengan Lewis Hamilton dalam perebutan gelar juara dunia musim 2017 dan 2018. 

Tak butuh waktu lama, Aston Martin langsung menunjuk Fernando Alonso untuk bergabung dengan Aston Martin mulai F1 2023. 

Aston Martin melalui situs resmi tim menyebut Alonso akan menandatangani kontrak jangka panjang mulai F1 2023. "Aston Martin dengan senang hati mengonfirmasi bahwa Fernando Alonso akan bergabung dengan tim pada 2023 dengan kontrak multi-tahun. Seluruh perusahaan sangat bersemangat untuk membawa pengalaman luar biasa Fernando dan kecepatan serta keahlian balap yang brilian ke tim," tulis pihak Aston Martin. 

Perekrutan bakat khusus seperti Fernando adalah bukti nyata dari sebuah organisasi yang telah berkomitmen untuk mengembangkan tim F1 yang unggul," sambung pihak Aston Martin. 

Alonso merupakan juara dunia F1 2005 dan 2006. Sempat meninggalkan F1 pada 2019 untuk tampil di IndyCar di Amerika Serikat, Alonso kembali ke F1 bersama Alpine mulai musim 2021. 

"Tim Aston Martin ini jelas menerapkan energi dan komitmen untuk menang, dan karena itu merupakan salah satu tim paling menarik di F1 saat ini," ujar Alonso terkait keputusan bergabung dengan Aston Martin 

Sepanjang kariernya Alonso memiliki rekor 346 start di ajang F1. Total pembalap asal Spanyol itu mengoleksi 32 kemenangan dan 98 finis podium. 

Kemenangan terakhir Alonso terjadi di F1 GP Spanyol 2013 saat masih memperkuat Ferrari. Sementara podium terakhir diraih Alonso pada F1 GP Qatar musim lalu. Musim depan Alonso akan menjadi rekan setim Lance Stroll di Aston Martin. (tim redaksi) 

#formula1
#f1
#sebastianvettel
#sebastianvettelpensiun
#astonmartin
#fernandoalonso

Tidak ada komentar