Breaking News

Festival Kuliner Solo 2022, Diisi Keseruan Bagi 4.200 Porsi Sambal Gratis Racikan 60 Chef

Pembagian 4.200 porsi sambel di Festival Kuliner Solo. Foto: Istimewa/ Solopos/ Nicolous Irawan

WELFARE.id-Ada yang menarik di acara Festival Kuliner Solo 2022. Digelar 4-7 Agustus di Benteng Vastenburg Solo, masyarakat antusias datang ke acara tersebut sejak pembukaan, Kamis (4/8/2022) malam.

Ada peristiwa menarik dan langka di acara tersebut. Pasalnya, ada pertunjukkan 60 orang chef meracik, menguleg, dan memasak sambal untuk porsi jumbo.

Tepatnya, untuk dibagikan kepada pengunjung festival tersebut sebagai bagian dari daya tarik acara. Setelah proses demi proses selama sekitar 7 jam, akhirnya 4.200 porsi sambal pun tercipta dan langsung ludes tak lebih dari 5 menit.

Puluhan chef itu merupakan anggota Indonesian Chef Association (ICA) DPC Soloraya. Kemeriahan pesta sambal sudah terasa sejak petang sebelum seremonial pembukaan festival. Para pengunjung berdatangan menjelang Magrib.

Gapura dan tenda UMKM menyambut kedatangan mereka. Memasuki area Benteng Vastenburg, para pengunjung mendapati sekitar 20 perapian arang untuk membakar satai.

Juru masak menyiapkan bara api mulai 18.30 WIB. Sementara juru masak lainnya menata kemasan sambal yang dibungkus mika untuk dibagikan kepada para pengunjung festival kuliner Solo tersebut.

Satu mika berisi satu jenis sambal, yakni sambal honje, embe, pencit, atau sambal gami. Ditambahkan pula satu potong cocolan berupa bakwan, tahu, atau tempe. 

Paket sambal itu berada di tenda khusus. Selain tenda khusus sambal untuk dibagikan para pengunjung, ada sekitar 120 stan UMKM bagi 150 pelaku usaha. 

Beragam produk kuliner ditawarkan pada stan UMKM, antara lain takoyaki, mi, olahan serba ayam, dan roti bakar. Solo Indonesia Culinary Festival kembali digelar setelah vakum dua tahun terakhir akibat pandemi COVID-19. 

Kepala Seksi Event ICA DPC Soloraya, Andreas, menjelaskan ada 60 anggotanya yang menyiapkan 4.200-an sambal untuk penunjung festival kuliner tersebut sejak pukul 09.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB di SMKN 4 Solo. Artinya butuh tujuh jam untuk memasak ribuan porsi sambal itu.

“Pembagiannya cuma lima menit lebih sedikit habis. Enam menit enggak ada,” katanya seraya mengatakan penyelenggara bakal membagikan sambal setiap hari sampai Minggu (7/8/2022).

Sebelumnya diinformasikan, ada sekitar 20.000 porsi sambal dan 1.000 porsi tengkleng yang bakal dibagikan kepada warga selama kegiatan Solo Indonesia Culinary Festival 2022 di Benteng Vastenburg Solo, 4-7 Agustus 2022. Ketua Pelaksana Solo Indonesia Culinary Festival 2022 Daryono menambahkan, acara tahunan itu sudah kali ketujuh diselenggarakan. 

Selain sebagai ajang promosi kuliner dan pariwisata, festival itu juga digelar untuk memeriahkan ASEAN Para Games. (tim redaksi)

#festivalkulinersolo
#pembagiansambalgratis
#promosikuliner
#promosipariwisatasolo
#soloindonesiaculinaryfestival2022

Tidak ada komentar