Breaking News

Dua Kebakaran Landa Pemukiman Penduduk di Balikpapan

Kebakaran di pemukiman penduduk di Balikpapan. Foto: Tangkapan layar video

WELFARE.id-Si jago merah kembali melahap wilayah pemukiman di daerah Klandasan, belakang Terminal Rasa, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa (9/8/2022). Lokasi kebakaran, persisnya di pemukiman penduduk belakang eks Terminal Rasa Balikpapan Kota. 

Kebakaran sendiri terjadi diperkirakan sekira pukul 11.30 Wita. Asap hitam tampak mengepul, diduga adabeberapa rumah warga terbakar dalam peristiwa ini.  

Saat api membesar, kondisi cuaca di lokasi kejadian cerah, terik panas. Tim pemadam kebakaran berserta warga berusaha untuk bahu-membahu melakukan pemadaman. Lokasi yang padat menjadi tantangan tersendiri bagi tim pemadam kebakaran. 

Lantaran kondisi geografis dan tata kota, lokasi kebakarannya memiliki karakter medan yang relatif berbukit. Terpantau tidak hanya satu-dua rumah yang mulai tampak ludes terbakar. Terlihat juga api tampak jarang melahap dari sisi luar bangunan. 

Si jago merah justru lebih banyak melahap dari bagian sisi dalam rumah. Sehingga dengan leluasa membakar seisi rumah. terdengar ledakan yang diduga bersumber dari letupan LPG lantaran tersambar api. 

Malam sebelumnya, kebakaran rumah juga terjadi di kawasan Gunung Pipa RT 52, Kelurahan Muara Rapak, Kecamatan Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Senin (8/8/2022). Dalam peristiwa ini, seorang warga bernama Martini mengalami luka bakar dan langsung dilarikan ke rumah sakit terdekat untuk mendapat penanganan medis.  

Dari informasi di lapangan, api dengan cepat berkobar dan melalap habis satu rumah warga. Akses jalan menuju lokasi yang sempit ditambah banyaknya warga berkerumun sempat menyulitkan petugas damkar saat proses pemadaman.  

Saksi mata mengatakan, sempat mendengar ada ledakan sebelum api membesar hingga membakar habis bangunan rumah semipermanen tersebut. Api dengan cepat dapat dipadamkan yang berjibaku dengan dibantu warga. 

Kabid Kedaruratan BPBD Balikpapan Usman Ali mengatakan, untuk penyebab kebakaran masih dalam proses penyelidikan polisi. "Ada 8 unit armada damkar yang dikerahkan dibantu mobil tangki dari PDAM,” tandasnya. 

Menurutnya, saat ini polisi masih menyelidiki penyebab pasti kebakaran. Dia memastikan tak ada korban jiwa dan saat ini lokasi kejadian sudah dipasang garis polisi. (tim redaksi) 

#kebakaran
#jaya65
#kebakarandiklandasan
#kebakarandigunungpipa
#balikpapan
#kalimantantimur

Tidak ada komentar