Breaking News

DJP Punya Data Orang Kaya yang Belum Tersentuh Pajak, Siapa Saja?

Kantor pajak. Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (DJP Kemenkeu) mengaku memiliki data terkait Warga Negara Indonesia (WNI) yang belum tersentuh pajak. Data itu didapatkan dari berbagai institusi hingga kementerian/lembaga.

"Kami mengumpulkan data terus menerus dan menerima kiriman data. Data yang kami dapat dari kementerian/lembaga. Data terakhir yang paling current dari institusi keuangan, perbankan, dan financial lainnya baik di dalam negeri dan mitra kami di luar Indonesia," kata Direktur Jenderal Pajak Suryo Utomo dalam media briefing di kantor DJP, Jakarta Selatan, dikutip Rabu (3/8/2022).

Sayangnya, Suryo enggan merinci berapa jumlah WNI yang sampai saat ini belum tersentuh pajak. "Apakah kami punya? Kami punya. Kami nggak akan bilang siapanya, yang jelas kami ada datanya. Termasuk data yang kami sampaikan untuk masyarakat waktu PPS (Program Pengungkapan Sukarela)," ungkapnya.

Secara bertahap, kata Suryo, pihaknya mendapatkan data mengenai saldo di akhir tahun periodenya. Dari data-data dan informasi tersebut, DJP mengetahui berapa jumlah WNI yang sampai saat ini belum tersentuh pajak.

"Mengenai siapanya, salah satu proses bisnis adalah pengawasan wajib pajak. Kami punya modus operandi berdasarkan data informasi yang kami punya, kami cocokan berdasarkan SPT (Surat Pemberitahuan Tahunan) yang bersangkutan," lanjutnya.

Data tersebut, senada dengan yang diungkapkan Founder & Chairman CT Corp Chairul Tanjung (CT). Ia mengungkapkan, masih ada orang kaya yang tidak membayar pajak. 

Ia menekankan, dalam menarik pajak jangan seperti berburu di kebun binatang alias wajib pajak yang itu-itu saja. "Jangan berburu di kebun binatang saja, sekali-kali di hutan juga. Kita tahu ada pengusaha-pengusaha yang nggak dikenal orang, usahanya juga nggak pernah diketahui tapi saya tahu persis karena saya perbankan. 

Uangnya ratusan miliar dan triliunan, uang saya dibanding uang dia banyakan uang dia dan mereka ini belum tersentuh (pajak)," kata CT sebelumnya di Hari Perayaan Pajak. (tim redaksi)

#djp
#direktoratjenderalpajak
#pengungkapanpajaksukarela
#orangkayabelumtersentuhpajak
#dataorangkayabelumtersentuhpajak
#wajibpajak

Tidak ada komentar