Breaking News

Disbudpar Lebak Tingkatkan Kompetensi Puluhan Pemandu Wisata

Pemandu wisata alam Balawista yang menjaga keselamatan wisatawan saat berkunjung ke pantai. Foto: Istimewa

WELFARE.id-Pariwisata di Kabupaten Lebak sangat beragam. Mulai dari pantai, alam hingga wisata budaya. Jika dikelola dengan baik, berkah pariwisata itu bakal mendatangkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi pemerintah daerah setempat.

Karena itu, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Lebak menggelar acara pelatihan pemandu ekowisata yang digelar di Horison Rahaya Resort, Jalan Maulana Yusuf, Kecamatan Kalanganyar.

Acara pelatihan bagi pemandu pariwisata itu digelar selama 3 hari yakni pada Rabu (24/8/2022) hingga Jumat (26/8/2022).

Kabid Sumber Daya Wisata dan Ekonomi Kreatif pada Disbudpar Lebak Luli Agustinah mengatakan kegiatan itu diikuti  40 orang peserta yang berasal dari Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) atau para pemandu wisata lokal di Kabupaten Lebak.

”Pelatihan ini kita gelar dengan menghadirkan Pokdarwis. Mereka kita berikan basic tentang pemanduan ekowisata,” terangnya   kepada wartawan, Jumat (26/8/2022).

Ia memaparkan, ekowisata sendiri identik dengan wisata alam dan budaya, yang mengutamakan aspek konservasi alam, aspek pemberdayaan sosial budaya ekonomi masyarakat lokal serta aspek pembelajaran dan pendidikan.

Katanya, Lebak sendiri memiliki potensi yang sangat besar dengan memiliki berbagai destinasi wisata alam terhadap konsep ekowisata itu.

Namun katanya, dalam mengembangkan konsep itu pihaknya masih memiliki keterbatasan dengan Sumber Daya Manusia (SDM) para pramuwisata di Kabupaten Lebak yang dinilai masih kurang.

Untuk itu, Luli mengatakan, pada pelatihan ini pihaknya  juga bekerjasama dengan Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) memberikan berbagai materi seperti tata cara pemanduan wisata yang baik dan benar, sehingga dapat membuat para wisatawan nyaman bahkan ketagihan untuk berwisata di Kabupaten Lebak.

”Tujuan dari kegiatan ini, kami ingin meningkatkan pengetahuan, kompetensi pemandjan ekowisata juga menerapkan standar kerja yang sesuai dengan Standar Kompetensj Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) khususnya dibidang pemanduan ekowisata,” katanya.

Pada pelatihan ini, pihaknya juga menekankan kepada para pemandu wisata di Kabupaten Lebak untuk lebih menguasai potensi lokal di daerahnya masing-masing. Baik dari segi wisata maupun ekonomi kreatifnya.

”Kita tentu mendorong agar para pemandu wisata bisa lebih sadar akan potensi lokal didaerahnya masing-masing. Sehingga pemandu tidak hanya memberikan narasi tentang destinasi wisata saja, namun juga dapat mengedukasi masyarakat lainnya dan terus menggali potensi lokal,” paparnya juga.

Sementara itu, salah seorang pemandu wisata pantai yang mengikuti kegiatan itu mengaku senang karena mendapatkan ilmu baru.  

“Alhamdulillah saya sangat antusias mengikuti pelatihan ini, karena disini kita diberikan edukasi yang benar-benar bermanfaaat.  Semoga pelatihan seperti ini bisa terus terlaksana, untuk mengembangkan pariwisata di Kabupaten Lebak ini,” ujarnya. (tim redaksi)


#kabupatenlebak
#pariwisata
#pokdarwis
#wisatapantai
#wisataalam
#wisatabudaya
#disbudparlebak

Tidak ada komentar