Breaking News

Diplomat Rusia Ungkap Kemungkinan Konflik dengan Ukraina Berakhir, Tapi Ada Syaratnya

Konflik Rusia vs Ukraina. Foto: Istimewa/ Intel Slava

WELFARE.id-Perang Rusia vs Ukraina masih berlangsung. Selain menimbulkan kerusakan fisik lebih banyak, kenaikan sejumlah komoditas juga mulai merugikan negara importir.

Sebagian bahkan ada yang sudah mengalami krisis pangan. Menurut perwakilan tetap Rusia untuk PBB di Jenewa Gennady Gatilov, negara-negara Barat mempertahankan konflik di Ukraina untuk menyebabkan lebih banyak kerusakan di Rusia. 

Namun yang terjadi justru, semakin lama perang berlangsung, semakin sulit diakhiri dengan solusi damai. "Posisi Ukraina saat ini membuat kontak diplomatik dengan Rusia menjadi tidak mungkin,” papar Gatilov, melansir Financial Times, Selasa (23/8/2022).

Menurut dia, Amerika Serikat (AS) dan sekutunya menggunakan permusuhan di Ukraina sebagai tekanan terhadap Rusia. "Sebagai alat isolasi Rusia ... merusak posisi kami, secara ekonomi, politik," ujar dia.

Kiev akhirnya memutuskan pembicaraan langsung dengan Rusia pada Maret lalu. "Pembicaraan itu menjanjikan kemungkinan penyelesaian konflik,” papar diplomat itu. 

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengklaim, pembicaraan dengan Rusia tidak mungkin lagi, setelah menuduh Rusia pada April melakukan kejahatan perang di kota Bucha dekat Kiev. Rusia membantah tuduhan itu. 

Lebih jauh dia mengatakan, Zelenskyy berulang kali mengatakan ia siap berbicara dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin, untuk mengakhiri konflik. Tetapi akan melakukannya hanya setelah semua pasukan Rusia mundur ke posisi pra-2014.

Gatilov menyebut, Moskow percaya ini menunjukkan tidak ada “platform praktis” untuk pertemuan Putin-Zelensky. "Sekarang, saya tidak melihat kemungkinan untuk kontak diplomatik," papar Gatilov kepada surat kabar Inggris. 

"Semakin banyak konflik berlangsung, semakin sulit untuk memiliki solusi diplomatik. Hubungan Rusia dengan negara-negara Barat juga hampir tidak ada dan delegasi yang dipimpinnya tidak memiliki kontak formal atau pribadi dengan rekan-rekan Barat mana pun,” tuntasnya. (tim redaksi)

#konflikrusiavsukraina
#kiev
#ukraina
#rusia
#vladimirputin
#volodymyrzelenskyy
#kontakdiplomatik

Tidak ada komentar