Breaking News

Dinilai Teledor, Dinkes Tangerang Nonaktifkan Nakes yang Beri Obat Kedaluwarsa ke Balita

Obat kedaluwarsa. Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-Kelalaian kerja petugas Puskesmas sehingga memberikan obat kedaluwarsa kepada balita berujung sanksi berat. Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang memberikan sanksi tegas dengan menonaktifkan nakes tersebut.

Selain itu, petugas Puskesmas yang tersebut juga masih menjalani pemeriksaan oleh inspektorat. "Sanksinya kita sesuaikan dengan aturan kepegawaian. Kita sudah nonaktifkan," ujar Kepala Dinkes Kota Tangerang dr Dini Anggraeni, dikutip Rabu (24/8/2022).

Dini mengatakan, sanksi ini sekaligus menjadi peringatan keras dari Pemkot Tangerang kepada nakes untuk memberikan pelayanan kesehatan paripurna kepada masyarakat. "Kami akan terus berbenah dan berupaya optimal dalam hal pelayanan kesehatan. Terutama, berusaha agar kejadian serupa tidak terulang kembali," janjinya.

Pemberian obat kedaluwarsa itu terjadi saat Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) di Posyandu Kenanga di Kecamatan Karang Tengah. Nakes tersebut lalai memberikan obat penurun panas kepada sejumlah balita yang ternyata sudah kedaluwarsa.

Sebagai bentuk tanggung jawab, Dinkes Kota Tangerang memantau kesehatan balita tersebut. Dinkes Tangerang juga sudah menarik obat kedaluwarsa yang sudah tersebar di masyarakat dan meminta maaf kepada keluarga balita.
 
"Jadi petugas langsung menarik obat di hari yang sama sesuai dengan pelaporan melalui kader posyandu. Petugas juga sudah ke keluarga balita dan sudah memberikan obat yang sesuai,” jelas Dini, terpisah sebelumnya, usai adanya kejadian tersebut. (tim redaksi)

#petugaspuskesmaslalai
#tenagakesehatan
#nakeslalaiberiobatkedaluwarsa
#obatkedaluwarsa
#bulanimunisasianaknasional
#sanksipenonaktifan

Tidak ada komentar