Breaking News

Didera Mogok Pelaku Wisata, Pemerintah Evaluasi Tiket Masuk Pulau Komodo Rp3,75 Juta

Wisatawan melihat hewan purba komodo saat berwisata di Pulau Komodo, NTT belum lama ini. Foto: net

WELFARE.id-Setelah ditolak oleh para pemandu wisata dengan aksi mogok, akhirnya pemerintah mengumumkan mengevaluasi harga tiket masuk Pulau Komodo yang mencapai Rp3,75 juta per orang mulai 1 Agustus 2022 lalu.

Pemerintah baru melakukan evaluasi harga tiket masuk Pulau Komodo setelah muncul aksi mogok dari Asosiasi Pelaku Wisata dan Individu pelaku wisata di kawasan Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Terkait evaluasi harga tiket masuk Pulau Komodo, diungkap Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto. Dia menyatakan evaluasi harga tiket masuk Pulau Komodo akan dilakukan tetapi tetap memperhatikan rencana konservasi dan rehabilitasi di pulau itu.

"Nanti kita evaluasi dan nanti kita akan lihat lagi karena memang ada konservasi dan rehabilitasi yang dilakukan," kata Airlangga, Kamis (4/8/2022).  Lebih lanjut, Airlangga mengatakan beberapa pertimbangan harus diperhatikan hingga terwujudnya pembatasan wisatawan di Pulau Komodo tersebut. 
"Ditambah lagi dengan adanya pembatasan jumlah (wisatawan) Tentu akan perhatikan dan dibahas dengan kementerian teknis," kata Airlangga juga. 

Sebelumnya, aksi mogok yang dilakukan asosiasi pelaku wisata terjadi selama satu bulan mendatang di seluruh wilayah Taman Nasional Pulau Komodo.
Bahkan, semua jenis layanan jasa pariwisata juga dihentikan untuk seluruh destinasi wisata di Manggarai Barat.

Diketahui, semua jenis layanan jasa pariwisata yang dimaksud, meliputi pemilik kapal wisata, penyedia jasa transportasi darat, pemilik restoran dan hotel, fotografer, pemandu wisata hingga pelaku usaha kuliner.

Lewat aksi mogok besar-besaran tersebut, seluruh angkutan umum yang biasa mengantar calon wisatawan dari Bandara Komodo Labuan Bajo, juga tidak ada lagi.
Selain itu, mobil dinas dan angkutan bus milik pemerintah daerah juga sudah tidak ada lagi di area bandara tersebut.

Tapi baru berjalan beberapa hari, aksi mogok yang dilakukan sebagai bentuk protes kenaikan harga tiket masuk Pulau Komodo yang dianggap tidak masuk akal itu akhirnya dievaluasi. (tim redaksi)


#pulaukomodo
#manggarai
#nusatenggaratimur
#aksimogok
#asosiasipelakuwisata
#menkoperekonomian
#airlanggahartarto

Tidak ada komentar