Breaking News

Dibalik Kepahitannya, Ini Dia Manfaat Pare Bagi Kesehatan

Budidaya Pare (Foto: GDM Organic) 

WELFARE.id-Membahas pare, yang terbayang langsung tentu rasanya yang pahit. Ya, pare merupakan salah satu sayuran yang memiliki rasa pahit namun disukai oleh banyak orang. 

Sebagai sayuran, pare bisa diolah menjadi beragam menu masakan seperti campuran siomay, oseng pare, tumis pare hingga cemilan pare krispi. Pare banyak dikonsumsi karena dibalik pahitnya tersebut, memiliki beragam kandungan zat yang baik untuk kesehatan. Tak heran, pare kerap dijadikan berbagai jenis bahan ramuan obat herbal untuk berbagai masalah kesehatan. 

Salah satu manfaat mengonsumsi pare adalah mampu menurunkan kadar kolesterol jahat. Manfaat tersebut berasal dari kandungan berbagai nutrisi dalam pare. Selain itu, pare juga merupakan salah satu sayuran yang sangat cocok dikonsumsi saat diet. Beberapa nutrisi yang terkandung dalam pare diantaranya serat folat , vitamin A dan vitamin C. 

Berikut manfaat pare bagi kesehatan 

• Menurunkan kolesterol  

Pare mempunyai manfaat yang dapat menurunkan ladar kolesterol jahat. Soalnya, terdapat kandungan dalam pare yang mampu mengontrol kolesterol, sehingga Anda bisa terhindar dari berbagai penyakit berbahaya seperti stroke hingga serangan jantung.  

Selain menurunkan kolesterol, pare juga mempunyai manfaat untuk meningkatkan imunitas atau sistem kekebalan tubuh. Sebab, pare mengandung banyak vitamin C yang mampu meningkatkan sistem imun tubuh. 

• Mencegah kanker 

Sayuran yang memiliki rasa pahit ini juga mempunyai manfaat yang mampu mencegah tumbuhnya sel-sel kanker. Pasalnya, pare mengandung senyawa antikanker sehingga dapat mencegah dan memperlambat tumbuhnya sel-sela kanker. 

Bagi kamu yang sedang menjalankan program diet menurunkan berat badan, pare bisa dijadikan salah satu makanan. Pare termasuk sayuran yang mempunyai kadar kalori yang rendah sehingga sangat cocok untuk diet. Selain itu, mengonsumsi pare juga dapat membuat perut terasa lebih kenyang dan tahan lapar sedikit lebih lama.  

• Mencegah keriput 

Selain itu kandungan antioksidan di dalamnya juga mencegah keriput pada kulit serta memperlambat proses penuaan. Tak hanya itu pare juga bisa melindungi kulit dari paparan sinar UV. 

• Menyegarkan Kulit 

Salah satu manfaat yang ditawarkan buah pare yaitu dapat menyegarkan kulit. Hal ini diperoleh dari kandungan antioksidan yang kuat pada pare, selain itu vitamin A pada pare dapat mencegah penuaan kulit dan juga mengurangi kerutan sehingga kulit akan tampak segar dan berkilau. 

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal kamu harus mengonsumsi pare secara teratur baik dengan cara direbus atau diolah sebagai juz. 

• Bersifat Anti Aging 

Pare memiliki sifat anti aging karena mengandung antioksidan vitamin A dan vitamin C. Kandungan vitamin C pada buah pare dapat melawan dan membuang radikal berbahaya yang berpotensi membahayakan tubuh. 

Senyawa antioksidan di dalam pare mampu mencegah kulit menjadi keriput dan memperlambat proses penuaan. 

• Mengobati Jerawat 

Pare dapat mengatasi masalah jerawat karena mengandung vitamin C di dalamnya. Cara menggunakannya cukup mudah, campurkan satu sendok jus pare dan jus mentimun lalu oleskan pada wajah dengan gerakan melingkar yang lembut. Setelah selesai bilas wajah dengan air biasa dan usap perlahan dengan handuk untuk mengeringkannya. 

• Mencerahkan Kulit Wajah 

Pare menjadi salah satu ramuan tradisional yang dipercaya dapat mencerahkan kulit, untuk memperoleh manfaat berubah kulit yang lebih cerah biasanya pare diolah menjadi jus. Pare memang kaya akan kandungan vitamin C dan vitamin A yang sangat baik untuk menjaga kecantikan kulit. 

Kedua kandungan vitaimin tersebut yang diperkirakan mampu menyehatkan kulit dan membuat kulit tampak lebih cerah. 

• Mengencangkan Kulit Wajah 

Pare dapat dimanfaatkan untuk mengencangkan kulit wajah. Pare sangat baik untuk mengencangkan wajah karena kaya akan vitamin E dan antioksidan. 

Untuk mendapatkan efek kulit wajah tentu tidak bisa didapatkan secara instan, konsumsi pare dapat dilakukan secara teratur serta diimbangi dengan gaya hidup sehat dan makan makanan bergizi seimbang. (tim redaksi) 

#pare
#manfaatpare
#tips
#kesehatan
#caramenurunkankolesterol
#mengencangkankulit

Tidak ada komentar